Sakit Perut Sebelah Kiri Sering Muncul, Waspadai Gejala 6 Penyakit Ini!

Kamis, 19 Agustus 2021 - 21:25 WIB
loading...
A A A
Gastritis dapat terjadi tiba-tiba (gastritis akut), atau dapat terjadi perlahan dari waktu ke waktu (gastritis kronis). Dalam beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan borok dan peningkatan risiko kanker lambung. Bagi kebanyakan orang gastritis tidak serius dan dapat cepat pulih dengan pengobatan.

4. Penyakit ginjal

Penyakit baju ginjal biasanya ditandai rasa sakit yang amat sangat di bagian perut sebelah kiri bawah. Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh infeksi pada ginjal. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. Nyeri akut juga bisa dirasakan bersama keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah) di antara gejala-gejala lainnya.

Baca Juga : Simak! 7 Makanan Ini Dapat Mengontrol Diabetes dan Kadar Gula

5. Hernia

Hernia adalah kondisi dimana jaringan lunak, biasanya usus, mencuat menembus bagian yang lemah atau robek di bagian bawah dinding perut di lipatan paha (hernia inguinalis) atau menusuk diafragma (hernia hiatal). Tonjolan yang dihasilkan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, terutama ketika Anda batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat. Kadang, pada pria rasa sakit dan bengkaknya menyebar hingga ke sekitar testis ketika tonjolan usus makin turun ke dalam buah zakar.

6. Kehamilan di luar rahim

Sakit perut sebelah kiri bawah yang mendadak dapat menjadi akibat dari kehamilan ektopik atau kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio tertanam di luar rahim, biasanya di dalam saluran yang menghubungkan rahim dan indung telur alias tuba falopi. Kehamilan ini tergolong kehamilan tak layak yang berisiko tinggi, dan menyebabkan gejala nyeri di sisi di mana kehamilan terjadi, Rasa sakit terjadi pada perut bagian bawah, punggung bawah, dan panggul. Selain itu, mungkin diikuti mual, perdarahan vagina abnormal, dan nyeri payudara. Ketika ada kekhawatiran kehamilan ektopik, perhatian medis dibenarkan.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)