6 Efek Samping Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D

Senin, 30 Agustus 2021 - 21:35 WIB
loading...
6 Efek Samping Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D
Foto Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Vitamin D sangat penting bagi kesehatan. Vitamin ini terlibat dalam penyerapan kalsium, fungsi kekebalan tubuh , serta melindungi kesehatan tulang, otot, dan jantung.

Vitamin D bisa didapatkan secara alami dari makanan dan juga diproduksi oleh tubuh ketika kulit terkena sinar matahari. Kandungan vitamin D juga dapat mengoptimalkan beberapa peran darah dalam menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.



Dalam banyak kasus, seseorang bisa kekurangan vitamin D. Namun, di sisi lain, ada pula yang justru kelebihan vitamin D.

Keracunan vitamin D bisa terjadi ketika kadar darah meningkat. Karena vitamin disimpan dalam lemak tubuh dan dilepaskan ke aliran darah secara perlahan, efek keracunan dapat berlangsung selama beberapa bulan setelah seseorang tak lagi terkontaminasi vitamin D.

Berikut beberapa efek samping mengonsumsi vitamin D secara berlebihan, seperti dikutip dari laman Healthline, Senin (30/8).

1. Peningkatan Kadar Darah

Kadar vitamin D yang meningkat cukup dalam darah dapat membantu meningkatkan sistem imun serta melindungi Anda dari penyakit seperti osteoporosis dan kanker.

Sementara, semakin banyak vitamin D diperoleh, jarang seseorang akan mengalami tekanan darah tinggi. Satu studi baru-baru ini melihat data dari 20.000 lebih orang selama 10 tahun. Ditemukan bahwa hanya 37 orang yang memiliki kadar vitamin D cukup, dan satu orang yang mengalami keracunan.

2. Peningkatan Kadar Kalsium Darah

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya, ini adalah salah satu peranan yang paling penting. Namun, jika asupan vitamin D berlebihan, kalsium darah dapat mencapai tingkat yang menyebabkan gejala membahayakan.

3. Mual, Muntah, dan Nafsu Makan Turun

Banyak efek samping dari kelebihan vitamin D, yang kemudian berhubungan dengan kalsium dalam darah yang juga berlebih. Termasuk efek mual, muntah, dan nafsu makan yang buruk. Namun, gejala tersebut tidak terjadi pada semua kalangan umur dengan kadar kalsium tinggi.

Satu studi diikuti 10 orang yang telah mengembangkan kadar kalsium berlebih setelah mereka mengambil vitamin D dosis tinggi untuk memperbaiki kekurangan. Hasilnya, empat di antaranya mengalami mual dan muntah, dan tiga orang kehilangan nafsu makan.

4. Sakit Perut, Sembelit, atau Diare

Sakit perut, sembelit, dan diare adalah keluhan pencernaan umum yang sering dikaitkan dengan intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar. Namun, mereka juga bisa menjadi tanda peningkatan kadar kalsium yang disebabkan oleh keracunan vitamin D.

Gejala-gejala ini dapat terjadi pada seseorang yang mengonsumsi vitamin D berlebih untuk memperbaiki kekurangannya. Seperti gejala lain, tampaknya ini bersifat individual bahkan ketika kadar vitamin D di dalam darah meningkat.

5. Pengeroposan Tulang

Karena vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang, tentu dia cukup penting dalam menjaga tulang yang kuat. Namun, ternyata terlalu banyak vitamin D dapat merusak kesehatan tulang.



6. Gagal Ginjal

Asupan vitamin D yang berlebihan sering menyebabkan cedera ginjal. Apalagi jika terjadi pada bayi, pasti akan sangat menyulitkan pertumbuhannya.

Secara keseluruhan, mengonsumsi vitamin D sangat penting untuk kesehatan Anda dalam berbagai usia. Ada baiknya, asupan vitamin D ini diukur sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)