Tips Cegah Serangan Jantung di Usia Muda

Jum'at, 03 September 2021 - 20:17 WIB
loading...
Tips Cegah Serangan Jantung di Usia Muda
Tips Cegah Serangan Jantung di Usia Muda. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Siapa bilang serangan jantung hanya akan dialami ketika usia sudah tua? Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kondisi mematikan itu bisa dialami anak muda, khususnya perempuan.

Para peneliti mempelajari lebih dari 28.000 orang yang dirawat di rumah sakit karena serangan jantung dari 1995 hingga 2014, dan mereka menemukan bahwa tingkat serangan jantung pada usia 35 hingga 54 tahun telah meningkat, dari 27 menjadi 32 persen.

Dari fakta ini, para dokter di seluruh dunia mengimbau kepada Anda yang kini berusia 20, 30, atau 40 tahunan untuk mulai memberi fokus kesehatan jantung . Sebab, itu akan menentukan apakah Anda berisiko serangan jantung atau tidak di kemudian hari.

Nah, bicara soal tips mencegah serangan jantung di usia muda, sebagaimana dilansir laman Penn Medicine bahwa ada beberapa langkah yang bisa dicoba. Apa saja?



1. Kontrol tekanan darah

Orang dewasa muda dengan tekanan darah sedikit di atas normal mungkin lebih memiliki risiko masalah jantung di kemudian hari. Untuk itu, jika hasil tensi darah selalu menunjukkan kenaikan, maka mulai periksakan ke dokter.

"Jika tekanan darah Anda lebih dari 120/80, Anda harus menganggapnya serius dan berkonsultasi ke dokter," terang laporan tersebut, dikutip pada Jumat (3/9/2021).

2. Kontrol kolesterol

Jangan biarkan kolesterol tubuh Anda tinggi. Hal ini sama dengan tekanan darah, dapat memicu masalah kesehatan jantung di kemudian hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)