Tips Cegah Serangan Jantung di Usia Muda

Jum'at, 03 September 2021 - 20:17 WIB
loading...
A A A
Pada usia 20 atau 30-an, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Obesitas akibat kurang olahraga dan diet yang mengandung tinggi gula dapat memperparah keadaan.

Untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi, Anda disarankan kurangi asupan lemak jenuh ataupun lemak trans, dan jangan lupa untuk berolahraga. "Jika diet tanpa aktivitas fisik, ini tidak akan menurunkan angka kolesterol Anda," tegas laporan tersebut.



3. Berhenti merokok!


Merokok sudah terbukti berkaitan dengan masalah kesehatan serius seperti masalah pernapasan dan kanker paru-paru, termasuk serangan jantung.

"Orang yang merokok dua sampai empat kali dalam sehari lebih mungkin terkena penyakit jantung," kata laporan tersebut. So, mulai sekarang jauhi rokok!

4. Upayakan punya berat badan ideal

Obesitas dikaitkan dengan penyakit jantung dan stroke, ini menjadi penyebab utama kematian dini yang sejatinya bisa dicegah. Diet sehat dan aktivitas fisik menjadi senjata terbaik melawan obesitas dan penyakit jantung di usia muda.

"Untuk mulai mendapatkan berat badan ideal, Anda disarankan untuk konsumsi nutrisi seperti buah, sayuran, biji-bijian, unggas, ikan, dan kacang-kacangan. Soal olahraga, usahakan 150 menit per minggu," saran laporan tersebut.

5. Kelola stres

Stres yang tidak tertangani dengan baik akan meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah kesehatan serius. Ya, stres yang Anda pikir hanya masalah di pikiran dapat menyebabkan darah tinggi dan kadar kolesterol naik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)