3 Obat Asam Lambung di Apotek yang Dijual Bebas, Ini Daftarnya!

Rabu, 08 September 2021 - 17:18 WIB
loading...
A A A
Tapi memang kinerja obat H-2 receptor blockers tidak secepat antasida. Namun obat H-2 receptor blockers ini bisa bertahan lebih lama di dalam tubuh untuk membantu meredakan keluhan akibat maag.

Penurunan produksi asam lambung di dalam tubuh bisa bertahan hingga sekitar 12 jam setelah minum obat ini. Ada dua jenis dosis obat H-2 receptor blockers, yakni dosis rendah yang bisa dibeli secara bebas dan dosis tinggi perlu resep dokter.

Baca Juga : Gatal di Area Vagina? Ini 4 Penyebab yang Harus Dihindari

3. Proton pump inhibitors (PPI)

Proton pump inhibitors (PPI) ini memiliki dosis yang lebih kuat ketimbang antasida dan H2 receptor blockers. Contoh obat jenis ini adalah omeprazole (Prilosec, Zegerid) dan lansoprazole (Prevacid 24 HR).

Obat PPI ini cukup efekltif menurunkan kenaikan asam lambung, terutama memulihkan penyakit GERD yang merupakan salah satu penyebab maag. Aturan minumnya obat tersebut bisa Anda tanyakan kepada apoteker.

Hindari minum obat-obatan ini di luar dari anjuran yang diberikan. Selain itu, jika gejala asam lambung tidak kunjung mengalami perubahan setelah dua minggu mengonsumsi obat bebas, segera periksakan diri Anda ke dokter.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)