Perlukah Masyarakat Umum Mendapatkan Vaksin Booster?

Jum'at, 10 September 2021 - 18:26 WIB
loading...
Perlukah Masyarakat Umum Mendapatkan Vaksin Booster?
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta agar negara-negara tidak memprioritaskan pemberian vaksin booster secara bebas. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta agar negara-negara tidak memprioritaskan pemberian vaksin booster secara bebas karena masih ada negara yang belum mendapat jatah vaksin Covid-19. Bahkan, dengan pemberian booster, akan terjadi situasi yang lebih mengerikan.

Baca juga: Aktor Michael Constantine Embuskan Napas Terakhir di Usia Hampir 1 Abad

"Kami prihatin ada negara maju yang membiarkan ingin tetap memberikan vaksin booster, sedangkan mereka membiarkan negara berkembang tidak menerima vaksin karena stok dipakai untuk vaksin booster. Ini yang kemudian mendorong terciptanya varian baru, seperti varian Delta ," kata Kepala Ilmuwan WHO, dr Soumya Swaminathan seperti dikutip Fox News, pertengahan Agustus lalu.

Keyakinan Swaminathan dan rekan-rekannya jelas bahwa untuk saat ini vaksin booster belum diperlukan masyarakat umum. "Beda ketika bicara mengenai orang dengan masalah kekebalan tubuh lemah yang terbukti memerlukan booster," kata dia.

Indonesia sendiri menggunakan vaksin booster Moderna hanya untuk tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19. Kementerian Kesehatan yakin betul bahwa penggunaan vaksin booster hanya untuk kelompok nakes, bukan yang lainnya. Termasuk pejabat pemerintah.

Kemudian, jika WHO merasa saat ini masyarakat umum belum membutuhkan vaksin booster, mengapa ide ini muncul terlebih ada penelitian yang mengungkapkan bahwa setelah beberapa bulan pasca-suntikan dosis lengkap kekuatan antibodi mulai melemah? Seberapa penting vaksin booster tersebut?

Mengacu pada data yang dipaparkan The Guardian pada 19 Agustus lalu, data awal menunjukkan bahwa orang mengalami penurunan tingkat antibodi pelindung berminggu-minggu atau berbulan-bulan pasca-suntikan dosis lengkap, khususnya akibat paparan varian Delta yang sangat menular. Namun, tidak jelas mengenai tingkat antibodi atau 'alat lain dalam persenjataan sistem kekebalan' yang memberikan kekebalan protektif.

"Yang penting dipahami adalah tingkat antibodi atau tentara sistem kekebalan lainnya, seperti sel-T, masih tetap diperlukan untuk melindungi tubuh dari Covid-19, terutama dalam mencegah terjadi penyakit serius atau kematian," terang laporan tersebut.

"Jika itu dapat diukur dengan pasti, lalu laboratorium membenarkan bahwa terjadi penurunan yang sangat signifikan pada antibodi setelah berupaya melawan varian baru, baru kemudian akan ada kasus yang jelas untuk pemberian vaksin booster," sebut laporan yang sama.

Menjadi catatan di sini adalah bahwa pakar WHO dengan tegas mengatakan bahwa sampai sekarang tidak ada cukup bukti ilmiah untuk penggunaan booster bagi masyarakat umum. Tapi, beda untuk mereka yang memiliki masalah sistem kekebalan yang memang membutuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)