Cakupan Vaksinasi Covid-19 Kelompok Lansia di Indonesia Masih Rendah

loading...
Cakupan Vaksinasi Covid-19 Kelompok Lansia di Indonesia Masih Rendah
Dari catatan data per Selasa, 14 September 2021, ada tiga provinsi dengan cakupan vaksinasi lansia yang masih sangat rendah. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Meski laju vaksinasi Covid-19 di Indonesia berada pada titik yang menggembirakan, mengingat untuk vaccination rate saat ini bahkan Indonesia masuk dalam 10 besar di dunia. Tapi kabar positif yang sama tak terjadi untuk kelompok orang lanjut usia.

Cakupan vaksinasi pada kelompok lansia di Indonesia dikatakan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, nyatanya masih rendah, yang akhirnya berhubungan pada angka kematian pada kelompok lansia akibat Covid masih jadi yang tertinggi.

"Angka kematian pada kelompok lansia akibat Covid masih tertinggi, cakupan vaksinasinya masih rendah," ujar dr. Siti Nadia, dalam siaran pers Update PPKM, Rabu, 15 September 2021, di akun chanel Youtube Sekretariat Presiden.

Dari catatan data per Selasa, 14 September 2021, ada tiga provinsi dengan cakupan vaksinasi lansia yang masih sangat rendah. Tercatat, tiga Provinsi dengan cakupan unvaccinated (0 dosis) yakni Sumatera Barat 92,8 persen, Aceh 92,7 persen, dan Papua setinggi 92,2 persen.



Baca juga: Melalui Single Hati, Nola Be3 Ungkapkan Kasih Sayangnya untuk Keluarga

Melihat kenyataan data di lapangan, dr Siti Nadia mengimbau para pengambil kebijakan atau pemerintah di daerah segera menyusun strategi untuk segera bisa memvaksinasi kelompok populasi rentan ini. Mengingat, masing-masing daerah punya keunikan dan masalahnya sendiri.

Kemenkes menyarankan, pertama yang dilakukan adalah membuat lokasi vaksinasi jadi lebih mudah diakses atau mudah dijangkau.

"Disarankan tempat vaksinasi adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh lansia, baik secara geografis atau secara ekonomi," imbuhnya.

Lalu diikuti dengan sosialisasi untuk mengedukasi informasi seputar vaksinasi Covid-19, bahwasanya vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia aman dan berkhasiat.

Baca juga: 4 Film Sineas Tanah Air yang Masuk Seleksi Busan International Film Festival 2021



"Diikuti dengan sosialisasi, edukasi informasi yang mudah dipahami lansia. Komorbid idealnya tidak menjadi halangan bagi lansia untuk divaksin. Sekali lagi, vaksin yang kita pakai saat ini vaksin yang sangat aman dan efektif untuk menekan angka kasus positif dan angka kematian akibat Covid, termasuk pada lansia dan orang yang memiliki komorbid. Jadi jangan ragu," jelas dr. Siti Nadia.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top