Siklus Menstruasi Anda Berubah usai Divaksin Covid-19? Begini Penjelasan Ahli

loading...
Siklus Menstruasi Anda Berubah usai Divaksin Covid-19? Begini Penjelasan Ahli
Sebuah laporan baru-baru ini menyatakan bahwa ada kemungkinan hubungan antara perubahan siklus menstruasi dan vaksin Covid-19. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Sebuah laporan riset baru-baru ini menyatakan bahwa ada kemungkinan hubungan antara perubahan siklus menstruasi dan vaksin Covid-19 . Seperti apa penjelasannya?

Lantaran muncul varian baru dan kemungkinan meningkatnya kasus Covid-19, sangat penting bagi kita memvaksinasi diri sendiri dan meyakinkan individu yang ragu-ragu divaksin untuk mendapatkan dosis vaksin mereka juga.

Baca Juga: Diabetes Tipe 2, Nangka Bantu Jaga Gula Darah Tetap Terkendali

Namun, semua vaksin diikuti oleh efek samping yang sebagian besar tidak berbahaya dan hanya menunjukkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap vaksin.



Demam, kedinginan, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri di tempat suntikan adalah beberapa efek samping yang paling umum. Laporan terbaru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 juga dapat membawa perubahan pada siklus menstruasi.

Apakah vaksin Covid-19 membawa perubahan dalam siklus menstruasi atau tidak adalah topik yang sangat diperdebatkan. Namun, sebuah laporan baru-baru ini yang diterbitkan dalam British Medical Journal yang dilansir Times of India, Minggu (19/9/2021), menyatakan bahwa ada kemungkinan hubungan antara perubahan siklus menstruasi dan vaksin Covid-19.

Akan tetapi, masalah tersebut memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Penulis tajuk rencana Dr Victoria Male, dari Imperial College London, mengaitkan masalah tersebut dengan respons kekebalan tubuh dan juga bahan yang terkandung di dalam vaksin.

Menstruasi yang tertunda, pendarahan yang lebih banyak atau tidak terduga adalah beberapa efek samping yang disinyalir berasal dari vaksin Covid-19 pada wanita.

Meskipun perubahan siklus menstruasi seperti itu belum diakui sebagai efek samping vaksin, para ahli menuntut penyelidikan mengenai hal yang sama.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top