Sambut Antusiasme Publik, Krajan Batik Tegaskan Identitas Batik Tulis

Kamis, 30 September 2021 - 22:52 WIB
loading...
A A A
Christian membeberkan bahwa Krajan Batik menghimpun seniman-seniman batik lokal yang mempunyai keahlian menulis motif untuk membuat kain batik tulis. Hingga kini, mereka telah menjadi seniman profesional yang berdedikasi terhadap penciptaan motif dengan cara tradisional. Proses menulis motif memakan waktu cukup lama tergantung tingkat kesulitannya. Namun, ini pula yang menegaskan sifat motif batik tulis yakni unik dan tidak pernah sama antara satu seniman dengan seniman lainnya.

Dari kualitas menuju identitas bangsa tentu saja sebuah hal yang fundamental. Batik tulis dikenal karena nilai budaya di dalamnya, sebagai warisan nasional dari zaman ke zaman. Maka, ketika Krajan Batik membawa produknya ke tengah masyarakat modern dan masyarakat urban, nilai-nilai yang terkandung harus di bawa serta.

Semua upaya dilakukan agar legacy tidak hilang atau luntur saat batik tulis diaplikasikan menjadi busana modern. Oleh karena itu, transformasi batik tulis menjadi busana memerlukan ketekunan dari kreatornya. Gaya busana dan tren yang selalu berubah membuat pelaku usaha terus menyesuaikan produknya.

Baca juga: Cegah Obesitas Pemicu Penyakit Jantung dengan Menari Zumba, Ini Penjelasannya

"Mempertahankan kultur batik tulis tidak berarti menampik perubahan pola fesyen yang terjadi. Justru sebaliknya, kami ingin menjadi produsen batik tulis yang mengawinkan seni tradisional dengan desain-desain pakaian modern agar menyentuh seluruh segmen pasar. Yang menjadi batik tulis eksklusif adalah cara pembuatan bahan batik dan motifnya. Sementara desain busana sepenuhnya mengikuti perkembangan," jelas Christian.

Christian menambahkan bahwa koleksi dan informasi batik tulis Krajan Batik bisa dilihat laman resmi krajanbatik.com.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)