10 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dan Tak Bisa Keluar, Nomor 8 Paling Mudah Tapi Jarang Dilakukan

Selasa, 12 Oktober 2021 - 11:38 WIB
loading...
A A A
Namun perlu diketahui, cara ini tidak boleh dilakukan jika kamu sedang infeksi telinga tengah, gendang telinga berlubang, dan setelah operasi telinga.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat membantu mencegah infeksi serta mengatasi telinga yang kemasukan air. Caranya, hangatkan sedikit minyak zaitun dalam mangkuk kecil.

Kemudian, tempatkan beberapa tetes di pergelangan tangan bagian dalam untuk menguji suhu. Menggunakan penetes bersih, tempatkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga yang kemasukan air.

Lalu, berbaringlah di sisi lain selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, duduk dan miringkan telinga ke bawah. Air dan minyak akan mengalir keluar.

7. Tambahkan beberapa tetes air

Menambahkan air dapat memancing air yang terdapat di dalam telinga untuk keluar. Caranya, masukan beberapa tetes air lalu segera miringkan kepala ke samping. Lakukan kegiatan itu beberapa kali sampai air yang di dalam telinga keluar semua.

8. Menguap atau mengunyah

Mengunyah juga dapat mengatasi telinga kemasukan air lho. Menggerakkan mulut dapat membantu membuka saluran pada telinga sehingga air dapat keluar.

Selain itu, menguap juga dapat meregangkan otot di dalam telinga sehingga air dapat keluar dengan lebih mudah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)