10 Tarian Terpopuler di Muka Bumi

Minggu, 07 Juni 2020 - 15:00 WIB
loading...
10 Tarian Terpopuler di Muka Bumi
Ilustrasi/SINDOnews/Titus JHH
A A A
PALEMBANG - TARI merupakan gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan bersosialisasi, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Sebagai sebuah budaya, fungsi tari sebagai sarana upacara, pertunjukan, hiburan, dan juga sebagai media pendidikan.

Setiap negara lazim memiliki tarian tradisional dan tentunya tarian tersebut juga menjadi identitas atau ciri khas sebuah negara. Berikut ini 10 tarian paling terkenal di dunia.

1. Samba, Brasil
Samba identik dengan tradisi Karnaval Brasil yang sudah sangat terkenal di dunia itu. Samba adalah gaya tarian dan genre musik Brasil dengan akar dari Afrika dan tiba di Amerika Latin melalui budak Afrika yang tiba di Amerika Latin dengan tuan-tuan Eropa mereka. Samba dikaitkan dengan ritme dan kostum flamboyan dan dianggap sebagai bagian integral dari budaya Brasil.

2. Ballet, Rusia
Tidak ada bentuk tarian yang bisa mendekati keanggunan yang sedekat balet Rusia. Ini adalah bentuk tarian artistik yang dilakukan untuk musik. (Baca juga: Margaret Qualley Berhenti Tekuni Balet, Pindah ke Dunia Akting)

Langkah-langkah balet Rusia menuntut tingkat presisi dan formalitas tinggi. Bentuk tarian balet klasik yang berasal dari Renaissance Italia diperkenalkan ke Rusia pada masa pemerintahan Peter the Great (Peter yang Agung) dan sejak itu menjadi bagian integral dari masyarakat Rusia.

3. Flamenco, Spanyol
Flamenco adalah bentuk tarian terkenal yang berasal dari Spanyol. Jaleo (tarian) disertai dengan togue (bermain gitar), cante (menyanyi), pitos (finger snapping), dan palmas (handclapping). Flamenco terkait erat dengan orang-orang Romawi di Spanyol dan gaya khas Andalusia.
Bentuk seni tari ini saat ini sudah diajarkan di banyak negara tetapi paling populer di AS dan Jepang. Di Jepang bahkan sekolah tari Flamenco melebihi jumlah di Spanyol.

4. Break Dance, Amerika Serikat
Break dance, juga dikenal sebagai B-boying atau breaking, adalah gaya tarian jalanan yang sangat populer di kalangan anak muda di Amerika Serikat (AS) dan banyak bagian lain di sejumlah negara. Bentuk tarian ini berasal dari pemuda Afrika-Amerika dan Puerto Rico.
Break dance menjadi viral karena minat media di dalamnya dan segera menyebar ke bagian lain di Amerika dan Eropa. Empat jenis gerakan yang terlibat dalam break dance adalah membeku, toprock, gerakan kekuatan, dan downrock.

5. Belly Dance, Timur Tengah
Belly dance merupakan suatu bentuk tarian ekspresif dan mengesankan. Belly dance (tarian perut) ini menekankan pada gerakan rumit dari tubuh. Berasal dari Timur Tengah sebagai bentuk tarian rakyat, tarian perut telah mendapatkan pengagum dan pengikut di seluruh dunia. Gaya tari ini telah berevolusi selama berabad-abad, begitu pun dengan kostum para penari.

6. Tango, Argentina
Tango adalah tarian mitra yang dikaitkan dengan gaya dan ekspresif. Tarian ini awalnya berasal dari Kota River Plate pada tahun 1880-an, dan merupakan perbatasan alami antara Uruguay dan Argentina. Banyak varian gaya tari tango yang da saat ini. Bahkan kompetisi menari tango internasional diadakan setiap tahun yang menandakan popularitas tarian ini.

7. Salsa, Kuba
Sangat dipengaruhi oleh budaya Amerika Latin (khususnya Kuba dan Puerto Riko), salsa berasal dari New York City sebagai bentuk tarian sosial. Asal usul gerakan-gerakan salsa dapat melacak ke Cha-cha-cha, Mambo, dan tarian lelaki Kuba serta bentuk tarian lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)