VIXELL Vacuum Insulated Cooling Box Panasonic, Kotak Pendingin Berbasis IoT Pertama di Dunia

Sabtu, 04 Desember 2021 - 17:32 WIB
loading...
VIXELL Vacuum Insulated Cooling Box Panasonic, Kotak Pendingin Berbasis IoT Pertama di Dunia
Panasonic meluncurkan produk inovatif VIXELL Vacuum Insulated Cooling Box. Foto/Panasonic.com
A A A
JAKARTA - Panasonic berupaya memberikan kontribusi pada negara dengan meluncurkan produk inovatif cooling box. Cooling box sendiri merupakan elemen penting untuk menyimpan vaksin dan obat-obatan agar tetap aman serta tak mudah terkontaminasi dengan zat-zat luar yang akan merusak mutu ataupun kualitasnya.

Produk terbaru Panasonic itu bernama VIXELL Vacuum Insulated Cooling Box yang menjadi kotak pendingin berisolasi vakum pertama di dunia dengan teknologi yang bersumber daya nirkontak (contactless) sehingga penggunanya dapat memastikan kinerja dari proses isolasinya. VIXELL sangat cocok digunakan untuk membawa obat-obatan dan vaksin yang memerlukan pengontrolan suhu tertentu, ataupun digunakan di beberapa layanan jasa.

VIXELL menggunakan Vacuum Insulated Case (VIC) sebagai lapisan isolasi dengan bentuk cetakan terintegrasi tanpa sambungan. Lapisan ini merupakan bagian terpenting dari kotak pendingin yang telah dipatenkan oleh Panasonic. Struktur isolasi termal pada VIXELL mencegah kebocoran udara dingin dan dapat mempertahankannya di suhu minus 75 derajat celsius hingga 15 derajat celsius selama 18 hari.

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia Tomonobu Otsu mengatakan, dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, Panasonic selalu berupaya menghasilkan berbagai inovasi teknologi terbarukan sebagai bentuk kontribusi bagi kehidupan masyarakat dunia yang lebih baik.

“Salah satu bentuk kontribusi tersebut yaitu menghadirkan produk terbaru dan yang pertama di dunia yaitu VIXELL Vacuum Insulated Cooling Box. Produk ini disematkan Vacuum Insulated Case (VIC) atau berupa cetakan box berbentuk integral tanpa sambungan, sehingga mampu menjaga suhu dingin dan meningkatkan proses isolasi benda yang tersimpan dalam box seperti obat-obatan dan vaksin," papar Tomonobu Otsu melalui siaran pers, belum lama ini.

"Hal tersebut diharapkan dapat menjadi solusi yang menjawab perubahan kebutuhan masyarakat untuk menjalani hidup yang lebih baik," tambahnya.

Tidak seperti panel berisolasi vakum lainnya, panel VIC Panasonic tidak dilapisi film aluminium, sehingga memungkinkan transmisi gelombang radio dan medan magnet untuk terhubung dengan perangkat IoT. VIC Panasonic juga terpasang sensor vakum nirkabel yang menggunakan teknologi bersumber daya nirkontak, sehingga saat menempatkan benda pada VIXELL, pengguna dapat memeriksa kondisi vakum di dalamnya.

Hal ini memudahkan pengguna untuk memastikan proses isolasi sebelum box diangkut. Selanjutnya, dengan memasang sensor suhu atau GPS di dalam kotak, pengguna dapat memantau kondisi internal kotak tanpa harus membukanya.

Project Sales Branch Manager Hot Asi Eben Ezer Nababan menambahkan, dalam mengangkut obat-obatan diperlukan kontrol suhu yang ketat dan pelacakan. Panasonic sudah melakukan pengembangan kotak pendingin untuk pengiriman obat-obatan pada 2018. Sejak saat itu, Panasonic secara berkesinambungan melakukan riset untuk meningkatkan kualitas produk.

”Dengan akumulasi pengalaman bertahun-tahun di dalam menggunakan isolasi termal, cetakan, dan teknologi IoT dalam pengembangan lemari es dan peralatan rumah tangga lain, Panasonic bertujuan memberikan peningkatan kualitas dan keamanan, serta menciptakan nilai baru dalam proses pengangkutan obat-obatan," paparnya.

"Oleh karena itu, Panasonic akan terus berusaha dalam bidang teknologi untuk membantu mewujudkan kualitas hidup yang lebih sehat," tutup Eben.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6034 seconds (0.1#10.140)