Sepintas Hampir Sama, Ini Perbedaan Mencolok Asam Urat dan Rematik

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:36 WIB
loading...
A A A
1. Nyeri yang berpindah-pindah tapi tidak menyeluruh

Sakit akibat asam urat biasanya banyak terjadi pada jempol kaki, tetapi bisa juga pada pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari.

2. Demam

Saat asam urat muncul, biasanya disertai dengan demam. "Ini terjadi karena proses perlawanan yang dilakukan oleh sistem kekebalan terhadap reaksi peradangan yang muncul akibat asam urat," ungkap dr Portnoff.

3. Muncul benjolan kecil

Penderita asam urat yang sudah bertahun-tahun lamanya berpotensi memiliki benjolan kecil dan keras di persendian yang biasa jadi lokasi munculnya reaksi asam urat. Benjolan yang biasa disebut tophi tersebut adalah konsentrasi kristal asam urat, yang mana itu bisa juga muncul di ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Rematik

1. Gejala simetris

Apa yang dimaksud dengan gejala simetris? Dijelaskan dalam laman tersebut bahwa ketika seseorang mengalami rematik pada kaki kanan, maka kaki kirinya juga akan merasakan gejala yang sama. Artinya, rematik memengaruhi kedua sisi tubuh.

"Gejala biasa dimulai pada persendian kecil di tangan dan kaki. Lalu, seiring perkembangan penyakit, rasa sakitnya dapat berkembang di pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, siku, pinggul, bahkan bahu," terang laman kesehatan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)