Jadi Ancaman Serius, Begini Langkah Mencegah Infeksi Omicron

Jum'at, 10 Desember 2021 - 16:29 WIB
loading...
Jadi Ancaman Serius, Begini Langkah Mencegah Infeksi Omicron
Kemampuan varian Omicron menempel pada sel tubuh manusia, sekalipun sudah divaksin dosis lengkap, jadi ancaman di tengah program vaksinasi global. / Foto: ilustrasi
A A A
JAKARTA - Covid-19 varian Omicron masih menjadi ancaman serius di seluruh dunia. Kemunculannya langsung menyita perhatian, Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan langsung menetapkan B.1.1.529 sebagai 'variant of concern'.

Karakteristik varian Omicron yang mengkhawatirkan adalah mudah menular. Kemampuan varian ini menempel pada sel tubuh manusia, sekalipun sudah divaksin dosis lengkap, jadi ancaman di tengah program vaksinasi global.

Beberapa upaya pencegahan perlu dilakukan agar Anda tidak terpapar varian Omicron. Laman Fox News melaporkan, salah satu yang direkomendasikan adalah mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

Baca juga: Jangan Khawatir, Begini Cara Mencegah Serangan Penyakit di Musim Hujan

Ya, upaya tersebut dianggap bisa memaksimalkan kekuatan antibodi dalam melawan varian Omicron maupun varian baru Covid-19 lainnya.

"Yang perlu kita lakukan adalah menambahkan lebih banyak lapisan perlindungan," kata dr. Julie Vaishampayan dari Infectious Diseases Society of America, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (10/12/2021).

Itu sangat penting, terlebih di situasi penyebaran virus masih terjadi hingga sekarang.

Tapi sayangnya, upaya tersebut belum bisa dilakukan oleh semua masyarakat, khususnya pada negara yang belum menyediakan stok vaksin Covid-19 untuk booster atau dosis ketiga. Indonesia sendiri baru akan mulai menjalankan vaksinasi booster di Januari 2022.

Selain mendapatkan vaksin booster, disiplin menggunakan masker tetap harus dilakukan oleh semua masyarakat. Tak hanya itu, disarankan juga mulai sekarang untuk menghindari keramaian dan jika terpaksa keluar rumah, pastikan lebih sering berada di udara terbuka.

"Testing yang masif juga diperlukan untuk mendeteksi keberadaan virus dan dapat melakukan upaya maksimal agar virus tidak semakin menyebar ke orang lain," tambah laporan tersebut.

Baca juga: 7 Herbal Penurun Kolesterol, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

Tes Covid-19 sangat direkomendasikan bagi masyarakat yang positif atau melakukan kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)