Ini 4 Alasan Kenapa Vaksin Covid-19 Disuntikkan lewat Lengan

Rabu, 15 Desember 2021 - 21:14 WIB
loading...
Ini 4 Alasan Kenapa Vaksin Covid-19 Disuntikkan lewat Lengan
Banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengapa vaksinasi Covid-19 harus disuntikkan pada lengan, dan bukan bagian tubuh lainnya. / Foto: ilustrasi/MPI/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
LONDON - Pemerintah telah memulai program vaksinasi Covid-19 khusus untuk anak berusia 6-11 tahun pada 14 Desember 2021. Terdapat sekitar 115 kabupaten dan kota dari 19 provinsi yang sudah memenuhi kriteria serta mulai melakukan vaksinasi tersebut.

Vaksin yang digunakan untuk vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun adalah Sinovac sebanyak dua dosis (600 SU atau 0,5mL/dosis) dalam intervenal pemberian empat minggu.

Selain itu, mekanisme pemberiannya pun masih sama dengan metode yang sama yakni secara intramuskular pada lengan.

Baca juga: Kamboja Konfirmasi Kasus Pertama Omicron, Pasiennya Seorang Wanita Hamil

Kendati demikian, saat ini banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengapa vaksinasi Covid-19 harus disuntikkan pada lengan, dan bukan bagian tubuh lainnya?

Merangkum dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Rabu (15/12/2021), vaksinasi Covid-19 tidak bisa sembarangan disuntikan ke tubuh manusia.

Pemberiannya harus melalui injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan. Berikut empat alasan utama mengapa vaksin Covid-19 harus diuntikkan melalui lengan.

1. Vaksin Covid-19 harus disuntikkan secara intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh yang terdapat pada lengan manusia.

2. Vaksin mengandung adjuvan yang harus diberikan secara intramuskular agar vaksin lebih mudah menyerap pada otot dan mengurangi efek samping reaksi lokal.

3. Pada bagian lengan manusia terdapat otot yang memiliki sel kekebalan penting dan dapat memproduksi antigen.

Baca juga: Jenazah Laura Anna Akan Dikremasi Besok

4. Sel kekebalan tersebut akan dibawa oleh vaksin untuk merangsang respon kekebalan tubuh.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)