Tanda Kolesterol Tinggi di Belakang Betis yang Perlu Diwaspadai

Senin, 20 Desember 2021 - 20:37 WIB
loading...
Tanda Kolesterol Tinggi di Belakang Betis yang Perlu Diwaspadai
Kolesterol tinggi dapat ditandai dengan munculnya peradangan di belakang betis. Kondisi ini penting untuk diwaspadai lantaran dapat mengubah struktur tendon. Foto/The Sun.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi dapat ditandai dengan munculnya peradangan di belakang betis. Kondisi ini penting untuk diwaspadai lantaran kolesterol tinggi dapat mengubah struktur tendon, yang terbuat dari bahan berserat yang kuat yang menghubungkan otot ke tulang.

Tendon berfungsi sebagai pita ketegangan yang membantu otot dan tulang bekerja sama selama gerakan, dengan yang terkuat adalah achilles. Terletak di bagian belakang kaki, achilles menghubungkan betis ke tulang tumit.

Dilansir dari Express, Senin (20/12/2021) kolesterol tinggi dapat mempengaruhi achilles, menurut para ahli di Alliance Foot and Ankle Specialists.


Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan masalah seperti tendonitis achilles, yaitu ketika tendon achilles meradang dan teriritasi. Adapun gejala dari kondisi tersebut meliputi sakit saat naik tangga, nyeri di tumit setelah aktivitas fisik.

Gejala lainnya yakni pembengkakan di tumit dan kelemahan di kaki bagian bawah. Teori ilmiah menyatakan bahwa kolesterol tinggi menyebabkan perubahan struktural yang kemudian melemahkan tendon, seperti achilles.

Sementara itu, untuk membantu mengontrol kadar kolesterol, diet sangat penting. Beberapa makanan dapat secara aktif membantu menurunkan kolesterol seperti lemak tak jenuh, buah-buahan, sayuran, kacang, oat dan barley, makanan dengan tambahan sterol dan stanol hingga kedelai.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)