Cara Merebus Jahe untuk Diabetes, Dicoba Sekarang Yuk!

Rabu, 29 Desember 2021 - 11:39 WIB
loading...
Cara Merebus Jahe untuk Diabetes, Dicoba Sekarang Yuk!
Cara merebus jahe untuk diabetes bukan hal yang susah, agar hasil maksimal, diperlukan takaran air dan waktu merebus yang tepat. / Foto: ilustrasi/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Cara merebus jahe untuk diabetes bukan hal yang susah. Agar hasil maksimal, diperlukan takaran air dan waktu merebus yang tepat.

Penderita diabetes sangat memperhatikan konsumsi gula harian. Apabila mengonsumsi gula terlalu banyak, insulin dalam darah akan meningkat, dan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Karena itu, diet rendah gula menjadi acuan yang harus dijalani penderita diabetes. Banyak rempah-rempah yang dipercaya dapat mengatur kadar gula dalam darah, termasuk jahe.

Baca juga: 5 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Nomor 4 Banyak Digemari Anak-Anak

Nah, cara mengonsumsi jahe bisa dengan memakannya langsung atau merebusnya. Anda boleh mengonsumsi air jahe setiap hari, tapi ingat jangan berlebihan.

Lalu, bagaimana cara merebus jahe untuk penderita diabetes? Begini langkah-langkahnya.

1. Ambil setengah sendok teh jahe parut dan rebus dalam 3 gelas air. Biarkan jahe direbus selama 10 menit.

2. Gunakan saringan untuk memisahkan ampas jahe dan airnya. Lalu, tuang ke dalam gelas.

3. Air jahe siap dikonsumsi, disarankan minum selagi hangat.

Buat Anda yang mau menambahkan perasan lemon ke dalam cangkir, dipersilakan. Adanya tambahan lemon di air jahe dipercaya dapat mengurangi risiko kerusakan ginjal, dan bisa menurunkan efek diabetes yang kurang nyaman di tubuh.

"Sekali lagi diingatkan bahwa konsumsi jahe berlebihan bisa menyebabkan efek samping yang kurang nyaman untuk tubuh, seperti masalah diare atau rasa mulas berlebih," ungkap laporan NDTV, sepeti dikutip MNC Portal, Rabu (29/12/2021).

Mengapa jahe baik untuk penderita diabetes?

Air jahe dipercaya sebagai tonik yang sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap terkendali. Jahe juga terbukti rendah kalori dan rendah karbohidrat.

Baca juga: Ini Film Indonesia yang Paling Sedikit Penontonnya, Nomor 5 Hanya Dilihat 6.498 Orang

"Jahe hanya memiliki 1,3 gram karbohidrat per sendok teh. Itu kenapa jahe boleh dikonsumsi penderita diabetes dengan takaran yang tidak berlebihan," tambah laporan tersebut.

Jadi, sudah siap merebus jahe hari ini?
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)