6 Obat Kolesterol Tinggi Rumahan Paling Efektif, Nomor 3 Banyak di Dapur

Jum'at, 21 Januari 2022 - 05:48 WIB
loading...
A A A
Sebuah studi berbasis populasi menunjukkan bahwa pria yang minum teh hijau memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak. Penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol teh dapat memblokir penyerapan kolesterol di usus dan membantu menyingkirkannya. Anda hanya perlu 2-3 cangkir teh hijau.

3. Bawang Putih

6 Obat Kolesterol Tinggi Rumahan Paling Efektif, Nomor 3 Banyak di Dapur


Bawang putih terdiri dari asam amino, vitamin, mineral, dan senyawa organosulfur seperti allicin, ajoene, s-allylcysteine, s-ethylcysteine, dan diallylsulfide. Senyawa belerang ini dikatakan sebagai bahan aktif yang memberikan sifat terapeutik pada bawang putih.

Sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan bawang putih efektif dalam menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat secara signifikan. Bukti efeknya pada kolesterol baik beragam, sementara satu penelitian melaporkan peningkatan kadar kolesterol baik yang lain tidak menunjukkan efek.

Bawang putih juga ditemukan memiliki efek positif pada tekanan darah dan potensi antioksidan darah. Mengkonsumsi 1/2 hingga 1 siung bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 9%.


4. Psyllium

6 Obat Kolesterol Tinggi Rumahan Paling Efektif, Nomor 3 Banyak di Dapur


Pada 1998, FDA AS menyetujui klaim kesehatan pada Psyllium. Di mana 3 hingga 12 gram serat larut dari kulit psyllium bila dimasukkan sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Psyllium berasal dari tanaman plantago ovata dan merupakan sumber yang kaya akan serat larut. Ada banyak penelitian yang membuktikan manfaat serat larut dalam menurunkan kolesterol jahat. Menambahkan 1-2 sendok teh psyllium ke dalam makanan sehari-hari berkontribusi pada serat larut yang dibutuhkan untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)