Lauk Pauk untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Enak dan Mudah Dibuat

Jum'at, 28 Januari 2022 - 13:10 WIB
loading...
A A A
3. Kedelai

Makan kedelai dan makanan yang terbuat darinya, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5% hingga 6%.



4. Kacang

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, walnut, kacang tanah, dan kacang- kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan kolesterol jahat sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

5. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran berdaun gelap seperti kangkung dan bayam, mengandung lutein dan karotenoid lainnya, yang terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Karotenoid bertindak sebagai antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan arteri mengeras.

Sayuran hijau gelap juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Satu studi menunjukkan lutein menurunkan kolesterol jahat teroksidasi dan dapat membantu mencegah kolesterol mengikat dinding arteri.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)