Kasus Kematian Covid-19 Meningkat, Satgas IDI Peringatkan Pelonggaran Pintu Masuk untuk Turis Asing

Kamis, 03 Februari 2022 - 18:29 WIB
loading...
Kasus Kematian Covid-19 Meningkat, Satgas IDI Peringatkan Pelonggaran Pintu Masuk untuk Turis Asing
Peningkatan kasus kematian akibat Covid-19 baru-baru ini turut disoroti Ketua Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam satu pekan terakhir, Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 . Pada hari ini, Kamis (3/2/2022), data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menunjukkan bahwa ada peningkatan kasus positif Covid-19 sebanyak 27.197 dan 38 pasien meninggal dunia.

Peningkatan kasus kematian ini turut disoroti Ketua Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban.

“Realitas: kasus kematian Covid-19 meningkat 58% dalam sepekan. Per hari ini bahkan ada 38 kematian,” kata Prof Zubairi Djoerban dikutip dari media sosial Twitter-nya, Kamis (3/2/2022).

Dengan peningkatan kasus kematian tersebut, Prof Zubairi menyinggung tentang pelonggaran pintu masuk untuk turis asing. Menurutnya, masih terlalu dini bagi Indonesia untuk membuka pintu bagi turis asing di tengah melonjaknya kasus Covid-19.



Dia juga sekaligus menyoroti tentang pembelajaran tatap muka (PTM). Sebab, sejauh ini penularan Covid-19 masih terjadi dengan angka kasus yang meningkat cepat.

“Terlalu dini bagi Indonesia melonggarkan pintu masuk untuk turis asing dan memberlakukan PTM 100%. Covid-19 ini tetap berbahaya dan terus berkembang di depan mata kita sendiri,” kata Prof Zubairi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah Indonesia akan membuka pintu masuk bagi turis asing mulai 4 Februari 2022 ini. Di tahap pertama, pintu masuk bagi turis asing akan mulai dibuka di Bali.

“Pemerintah juga menyampaikan bahwa akan membuka kembali pintu masuk internasional di Bali pada tanggal 4 Februari 2022,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. “Kami tetap akan melakukan pembukaan secara bertahap bertingkat dan berlanjut,” ujarnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)