5 Akibat Terlalu Lama Tidak Berhubungan Intim, Berdampak pada Kesehatan Fisik dan Mental

Selasa, 08 Februari 2022 - 22:20 WIB
loading...
5 Akibat Terlalu Lama Tidak Berhubungan Intim, Berdampak pada Kesehatan Fisik dan Mental
Akibat terlalu lama tidak berhubungan intim berimbas pada kehangatan hubungan pasangan. Bahkan dari sisi kesehatan pun ada dampaknya. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Akibat terlalu lama tidak berhubungan intim bisa berimbas pada kehangatan hubungan Anda dan pasangan . Bahkan dari sisi kesehatan pun ada dampaknya.

Terdapat beberapa dampak akibat terlalu lama tidak berhubungan intim. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Mulai keringnya hubungan Anda dengan pasangan, perceraian, dan alasan lain. Terlalu lama tidak berhubungan intim ternyata juga dapat memberikan dampak kurang bagus bagi kesehatan secara keseluruhan.



Seperti kita tahu, berhubungan intim atau bercinta bukan hanya menyenangkan, tetapi telah terbukti memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah merekatkan hubungan antara Anda dan pasangan.

Di samping sehat untuk hubungan, bercinta juga bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, memperbaiki kualitas tidur, dan masih banyak lagi.

Terlepas dari ragam manfaat itu, memang apa sih akibat terlalu lama tidak berhubungan intim? Berikut informasi lengkapnya, seperti dirangkum dari laman WebMD, Selasa (8/2/2022).





1. Stres dan Cemas


Akibat terlalu lama tidak berhubungan intim di urutan pertama ini berhubungan dengan kesehatan mental Anda. Masalah yang biasa dirasakan jika terlalu lama tidak berhubungan intim adalah merasa stres dan cemas. Terlebih jika hubungan Anda dan pasangan sedang "kering kerontang", kondisi ini bisa menambah beban pikiran Anda.

Di sisi lain, berhubungan intim sendiri membuat tubuh Anda melepaskan hormon seperti oksitosin dan endorfin, yang pada akhirnya dapat membantu mengelola efek stres. Oksitosin inilah yang memiliki manfaat tambahan untuk membantu Anda tidur.

2. Berdampak pada Sistem Imun

Dampak lainnya mungkin terasa pada sistem imun Anda. Seperti kita tahu, seks teratur dapat membantu tubuh melawan penyakit. Oleh karena itu mengurangi frekuensi berhubungan seks berpotensi menyebabkan tubuh lebih mudah terpapar penyakit seperti radang maupun pilek.

Dalam sebuah penelitian, seseorang yang berhubungan seks satu sampai dua kali per minggu terbukti memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tinggi. Antibodi itulah yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Vagina Kering atau Kurang Pelumas

Jika Anda seorang perempuan yang telah mengalami menopause, Anda punya alasan lain untuk tetap berhubungan seks. Sebab, tanpa hubungan seksual yang teratur, vagina Anda bisa mengencang dan jaringannya bisa menjadi lebih tipis. Hal ini dapat menyebabkan terluka, robek, atau bahkan berdarah saat berhubungan seks.

4. Kanker Prostat

Sementara itu untuk pria, ada pula akibat terlalu lama tidak berhubungan intim. Dalam satu penelitian terhadap hampir 30.000 pria, mereka yang mengatakan berejakulasi lebih dari 21 kali sebulan rata-rata memiliki kemungkinan lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan pria yang ejakulasi empat sampai tujuh kali sebulan.

5. Kesehatan Hubungan

Selain berbagai dampak medis, akibat terlalu lama tidak berhubungan intim juga bisa menyangkut dengan hubungan Anda. Pasangan yang melakukan hubungan seks lebih sering cenderung mengatakan bahwa mereka lebih bahagia daripada mereka yang jarang melakukannya. Tapi, berhubungan intim tidak harus terjadi setiap hari, seminggu sekali sepertinya sudah cukup.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)