Kasus Covid-19 Varian Omicron Pada Anak Meningkat, Ini Saran Kemenkes

Kamis, 10 Februari 2022 - 20:41 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Varian Omicron Pada Anak Meningkat, Ini Saran Kemenkes
Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), hantaman Omicron saat ini juga banyak menyerang kelompok anak-anak. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), hantaman Omicron saat ini juga banyak menyerang kelompok anak-anak.

Tercatat ada kenaikan 10 kali lipat di Februari 2022 jika dibandingkan Januari 2022. Kasus Covid-19 pada anak disebutkan meningkat lebih dari 1000 persen.

Jika orang dewasa positif terinfesksi Covid-19 kategori tanpa gejala atau gejala ringan, disarankan cukup lakukan isolasi mandiri di rumah atau di lokasi isolasi terpusat.

Bagaimana dengan anak-anak? Apakah layanan telemedisin yang gencar digaungkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, nyatanya juga bisa dipakai untuk anak-anak yang positif Covid-19?



Bagi anak-anak yang posiitif Covid-19, seperti disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes RI. dr. Siti Nadia Tarmizi, orang tuanya disarankan untuk berkonsultasi langsung ke fasilitas kesehatan. Mengingat, anak-anak terkadang tak bisa merasakan jelas gejala yang dialami.

“Anak-anak yang positif Omicron, kami anjurkan tetap mendapatkan konsultasi lewat fasilitas layanan kesehatan untuk dipastikan dicek. Anak-anak ditanya apakah sesak, ya enggak tahu bedanya sesak apa enggak,” tutur dr. Nadia ketika gelaran siaran Update Penanganan Pandemi Covid-19 Kemenkes, Kamis (10/2/2022).

Dengan gamblang dr. Nadia mengungkapkan, paket isoman obat-obatan untuk anak yang positif Covid-19 memang belum tersedia di layanan telemedisin.

“Kami anjurkan lebih baik dilakukan pemeriksaan ke dokter anak atau ke Puskesmas. Nanti akan diberikan obat-obatan sesuai dosis untuk anak-anak, karena memang untuk paket telemedisin yang sekarang ada itu memang ditujukan untuk orang dewasa,” tutupnya singkat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2499 seconds (0.1#10.140)