Tak Perlu Khawatir Bakal Langka, Berikut 5 Olahan Daging Sapi yang Bisa Disimpan Lama

Kamis, 24 Februari 2022 - 12:24 WIB
loading...
A A A
Abon adalah salah satu olahan daging kering, sehingga awet disimpan dalam waktu lama, sekitar 6-12 bulan. Makanan satu ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang dibumbui dan dimasak sedemikian rupa hingga akhirnya menjadi kering.

Dengan proses memasak yang lama, tekstur daging akan berubah menjadi seperti serabut dengan rasa gurih dan manis yang lezat. Abon sangat cocok disantap sebagai lauk ataupun untuk isi makanan, roti, dan kue-kue camilan.

3. Dendeng

Olahan daging yang juga tahan lama adalah dendeng. Makanan satu ini berbahan dasar daging sapi yang diiris tipis, kemudian dijemur hingga kering.

Dendeng bisa awet dalam waktu yang lama karena setelah dibumbui, daging akan dijemur hingga kering lalu digoreng hingga matang. Ada pula yang dijual dalam bentuk kering yang dikemas menggunakan plastik kedap udara, kemudian menggorengnya di rumah.

Variasi dendeng di Indonesia ada banyak seperti dendeng manis, dendeng pedas, dan sebagainya. Dendeng ini paling nikmat jika disajikan bersama sambal serta nasi putih yang masih hangat. Yummy!

4. Empal

Salah satu olahan daging yang juga bisa awet dalam waktu lama adalah empal. Sekilas makanan satu ini mirip dengan dendeng, tetapi empal tidak melalui proses penjemuran.

Daging untuk empal juga diiris tipis, kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu. Setelah itu, daging akan digoreng hingga kering. Tekstur daging yang agak kering ini membuat empal tahan lama dan tidak mudah basi.

5. Serundeng
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3880 seconds (0.1#10.140)