4 Makanan dan Minuman Sehat yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit

Jum'at, 25 Februari 2022 - 08:34 WIB
loading...
A A A
Teh adalah obat favorit untuk banyak gejala yang berhubungan dengan pilek dan flu. Sama seperti sup ayam, teh panas bertindak sebagai dekongestan alami. Teh harus panas untuk membantu meredakan hidung tersumbat, tetapi tidak boleh terlalu panas sehingga semakin mengiritasi tenggorokan.

Meskipun beberapa teh memang mengandung kafein, teh tampaknya tidak menyebabkan dehidrasi atau menyebabkan peningkatan kehilangan air. Ini berarti menyeruput teh sepanjang hari adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi.

Teh juga mengandung polifenol. Zat alami yang ditemukan pada tumbuhan ini mungkin memiliki sejumlah besar manfaat kesehatan, termasuk efek antioksidan dan anti-inflamasi dan bahkan efek antikanker.



4. Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabai mengandung capsaicin, yang menyebabkan sensasi panas dan terbakar saat disentuh. Dalam konsentrasi yang cukup tinggi, capsaicin dapat memiliki efek desensitisasi. Ini sering digunakan dalam gel dan tambalan penghilang rasa sakit.

Banyak orang melaporkan bahwa makan makanan pedas menyebabkan hidung meler, memecah lendir dan membersihkan saluran sinus.

Sementara beberapa penelitian telah menguji efek ini, capsaicin tampaknya mengencerkan lendir, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Semprotan capsaicin hidung telah digunakan dengan hasil yang baik untuk meredakan hidung tersumbat dan gatal.

Namun, Anda harus menghindari makanan pedas jika sudah terlanjur sakit perut. Makanan pedas dapat menyebabkan kembung, nyeri, dan mual pada beberapa orang.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)