Pantangan Makanan bagi Penderita Kanker Payudara, Ini Daftarnya

Selasa, 08 Maret 2022 - 16:10 WIB
loading...
A A A
3. Makanan Kurang Matang

Makanan jenis ini membuat pengidap kanker payudara menjadi berisiko lebih tinggi terkena infeksi. Hindari makanan mentah seperti sushi dan oyster selama menjalani perawatan. Pastikan daging, ikan, dan unggas yang hendak dimakan sudah dimasak dengan suhu yang aman sebelum dimakan.

4. Makanan yang Tersimpan Lama

Hindari kacang mentah, makanan kedaluwarsa atau berjamur, atau sisa makanan yang telah disimpan di lemari es selama lebih dari 3 hari.

Secara umum, seperti dijelaskan spesialis penyakit dalam dr. Selvi Rajagopal, M.D., dikutip dari laman resmi Johns Hopkins Medicine, tidak hanya untuk kanker payudara, tapi secara umum pengidap kanker selama masih menjalani perawatan memang harus sangat memperhatikan makanan dan minuman apa yang masuk ke dalam tubuh.

Ia menyarankan, sebaiknya hindari makanan olahan yang sangat halus, makanan yang digoreng karena mengandung banyak minyak terhidrogenasi yang memicu peradangan.

Mengingat orang dengan kanker sering memiliki sistem kekebalan yang terganggu, sebaiknya hindari ikan yang dimasak sebentar atau mentah, seperti sushi, telur matang (soft-cooked), atau makanan yang mengandung telur mentah seperti mayones buatan sendiri, keju, dan produk susu yang tidak dipasteurisasi, serta buah atau sayuran yang tidak dicuci.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)