Usung Semangat Hari Musik, DeHills Radio Streaming Hadir untuk Perkuat Ekosistem Musik Indonesia

Kamis, 10 Maret 2022 - 06:06 WIB
loading...
Usung Semangat Hari Musik, DeHills Radio Streaming Hadir untuk Perkuat Ekosistem Musik Indonesia
Para musisi dan pemerhati musik Indonesia hadir dalam peluncuran DeHills Radio Streaming yang bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional, Rabu (9/3/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, DeHills Radio Streaming diluncurkan sebagai salah satu wadah dan media yang sangat erat dengan musik. Siaran DeHills Radio dapat dijangkau di berbagai pelosok dunia, karena sistem streaming membuat siapa pun dapat mendengarkan selama terhubung dengan akses internet.

Hari Musik Nasional yang diperingati tiap 9 Maret sendiri bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat dan musisi terhadap musik Indonesia. Hari Musik Nasional juga diharapkan menjadi simbol serta spirit kebangkitan musik nasional.

Hadir pada perayaan launching perdana DeHills Radio Streaming di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, ini beberapa musisi senior seperti Piyu dari band Padi Reborn dan Ferdy Element. Selain itu, hadir pula musisi muda Tanah Air yang juga mempromosikan musik mereka seperti grup Pasto, Rafael Tan, Inaya Idol, dan Uci Amirta.

Beberapa sosok yang memiliki peran penting di industri musik pun hadir di sini, seperti Pengamat Musik Denny MR, Arya Setiadi, Alvin Witarsa, Fajrin dari Label Alfa Records, Prita dari Hard Rock FM sekaligus Ketua Asosiasi Music Director Indonesia, dan Toni Wenas. Mereka ikut memberikan pandangan tentang industri musik dari kacamata profesional yang merupakan bagian dari ekosistem musik Tanah Air.

Para musisi dan pengamat tersebut menyampaikan beberapa hal terkait kondisi musik nasional. Mereka sepakat bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

"Industri musik Indonesia saat ini memang semakin berkembang. Musisi dan penyanyi berbakat banyak bermunculan. Ini sesuatu yang positif, namun tetap harus dibarengi dengan kebijakan pemerintah yang berpihak kepada para pelaku industri musik. Misalnya dengan terus memperbaiki berbagai peraturan tentang perlindungan terhadap karya para musisi," ujar Ferdy Element, Rabu (9/3/2022).

"Pemerintah harus memberikan dukungan yang real terhadap industri musik. Jangan sampai Hari Musik Nasional ini hanya jadi kegiatan seremonial tanpa makna, tapi benar-benar dijadikan momentum kebangkitan dan kejayaan musik Indonesia," timpal Denny MR.

Para musisi juga berharap melalui penetapan ini, prestasi musik Indonesia dapat meningkat hingga mampu mengangkat derajat musik di Tanah Air.

"Masa pandemi ini sangat berpengaruh terhadap kami para musisi. Pada peringatan Hari Musik Nasional ini kami berharap semoga pandemi segera berakhir dan bisa kembali berkarya serta bekerja seperti biasa," ujar Sion dan Rohan Pasto.

Sementara, Station Manager DeHills Radio Streaming Herry berharap, musik Indonesia dapat lebih berkembang dan menjadi suatu ekosistem yang kuat jika dari setiap lininya mampu bersinergi untuk saling mendukung.

Selain membuka ruang dialog, DeHills Radio Streaming juga akan memulai rangkaian Karaoke World Championship (KWC) yang merupakan ajang pencarian bakat bagi talent-talent baru yang ingin menjajal kemampuan bernyanyi hingga ke mancanegara. Pada tahun ini final KWC bakal diselenggarakan di Norwegia dan tentunya peserta dari Indonesia akan bersaing dengan peserta lain dari berbagai belahan negara.

DeHills Radio Streaming sebagai pemegang lisensi penyelenggaraan ajang KWC dan Summer Festival untuk wilayah Indonesia berharap melalui Hari Musik Nasional yang tanggalnya bertepatan dengan tanggal lahir komposer Indonesia Raya WR Supratman ini, selain dapat meningkatkan apresiasi terhadap musik, juga akan menambah semarak geliat musik Tanah Air.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)