Desa di Dunia dengan Anak Kembar Terbanyak, Peneliti Ini Ungkap Penyebabnya

Kamis, 10 Maret 2022 - 10:02 WIB
loading...
Desa di Dunia dengan Anak Kembar Terbanyak, Peneliti Ini Ungkap Penyebabnya
Desa di dunia dengan anak kembar terbanyak adalah terdapat di Kodinhi, India. Pasalnya, di desa itu ada sekitar 400 pasang anak kembar. Foto/Hemis/Alamy Stock Photo
A A A
INDIA - Desa di dunia dengan anak kembar terbanyak adalah terdapat di Kodinhi, India. Pasalnya, di desa itu ada sekitar 400 pasang anak kembar. Terkait hal ini, para pakar terus berupaya mencoba mengungkap penyebabnya.

Beberapa desa di dunia memiliki anak kembar yang banyak. Salah satunya desa Kodinhi di Kerala, India ini memiliki lebih dari 400 pasang anak kembar.

Saat memasuki Kodinhi terdapat papan bertuliskan “Selamat datang di negara kembar milik Tuhan”. Desa ini terletak, sekitar 150 km dari Kochi, desa ini adalah rumah bagi 2.000 keluarga. Setidaknya ada 400 pasang anak kembar atau lebih, di antara keluarga tersebut pada tahun 2017.

Melansir cntraveller.in, Kamis (10/3/2022), secara keseluruhan, India mempunyai 9 anak kembar per 1.000 kelahiran, tetapi Kodinhi adalah pengecualian, di mana angkanya adalah 45 per 1.000 kelahiran. Ini adalah salah satu yang tertinggi di dunia.



Tapi apakah ada penjelasan ilmiah untuk ini? Pada Oktober 2016, tim peneliti dari berbagai institusi termasuk CSIR Centre for Cellular and Molecular Biology, Hyderabad, Kerala University of Fisheries and Ocean Studies (KUFOS), University of London dan Jerman mengunjungi desa tersebut untuk menyelidiki fenomena ini. Para peneliti mengumpulkan sampel air liur dan rambut, sebagai bagian dari penelitian mereka.

Meskipun ada banyak spekulasi, namun belum ada bukti ilmiah. Beberapa dokter mengatakan bahwa selain genetika, hal itu bisa menjadi elemen tertentu di udara atau air desa. Penjelasan lainnya termasuk pola makan penduduk desa.

Inseminasi buatan adalah salah satu alasan mengapa jumlah bayi kembar yang lahir meningkat di seluruh dunia, tetapi tidak demikian dengan Kodinhi. Peneliti terus melakukan studi genetik untuk menemukan jawaban atas desa kembar tersebut.

Bagaimana desa mengetahui tentang banyak anak kembar? Keingintahuan dari dua saudara kembar yang menyadari bahwa ada delapan pasang saudara kembar di kelas mereka sendiri dan 24 pasang di sekolah mereka.

Inilah yang menandai awal penemuan. Ketika berita itu menyebar, mereka menyadari bahwa Kodinhi memiliki hampir 280 pasang anak kembar. Ini telah menyebabkan lahirnya TAKA, Asosiasi Kembar dan Kerabat, yang memberikan dukungan kepada si kembar Kodinhi dan keluarga mereka.

Kodinhi bukanlah desa pertama di dunia dengan misteri kembar. Ada Hung Loc Commune di Vietnam, Igbo-Ora di Nigeria dan Candido Godoi di Brasil. Di beberapa keluarga Igbo-Ora, juga disebut "Ibukota Kembar Dunia", ada keluarga dengan tiga atau lebih pasangan kembar.

Di Candido Godoi, melihat ganda adalah norma, menurut laporan BBC. Sepasang kembar dari kota mengatakan bahwa hampir tidak normal jika Anda tidak memiliki saudara kembar di kota ini.

Bagaimana mereka membedakan satu sama lain di Kodinhi? Gaya rambut, tanda lahir, dan teknik lainnya. "Saya menyisir rambut saya ke kiri, sedangkan kembaran saya menyisirnya ke kanan," kata Abhi Bhaskar kepada Brut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)