Cegah Tagihan Listrik Bengkak dengan Cara Ini

Jum'at, 11 Maret 2022 - 15:39 WIB
loading...
Cegah Tagihan Listrik Bengkak dengan Cara Ini
Big saver electricity bisa menjadi pilihan cara untuk menghemat listrik. Foto/eMSHOP
A A A
JAKARTA - Bagi kehidupan manusia, pemakaian listrik sangatlah penting. Tetapi, sering kali saat memakai listrik kita tidak memantau penggunaannya sehingga biaya listrik membengkak.
Biaya listrik yang berlebihan akan mempengaruhi rancangan finansial menjadi berantakan. Untuk itu, Anda harus menghemat listrik demi kenyamanan keuangan Anda dan keluarga.

Head of Merchandiser eMSHOP, Khilqa Putri membagikan cara menghemat listrik. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik:

1. Ubah tindakan yang dapat boros listrik

Menyalakan lampu sebagai penerang bagi rumah sangatlah penting, tetapi biasakan untuk tidak menyalakan lampu di siang hari. Sebab lampu dapat membuat tagihan listrik membengkak jika tidak dipantau penggunaannya.

Selain itu, kebiasaan memakai alat penghangat air juga bisa membuat tagihan listrik membengkak. Oleh sebab itu biasakan untuk menurunkan suhu penghangat air dan matikan saat tidak digunakan.

"Ubah kebiasaan dengan mematikan lampu di siang hari dan menurunkan suhu penghangat air dapat menghemat tagihan listrik." ucap Khilqa, MSHOP, Kamis (10/03/2022).

2. Kontrol pemakaian, terutama AC

Salah satu sumber tagihan listrik terbanyak berasal dari penggunaan AC. Untuk menjaga suhu ruangan yang nyaman tidak harus selalu menggunakan AC, Anda bisa membuka tirai dan jendela untuk mengurangi pemakaian daya AC.

"Penggunaan AC di rumah jadi salah satu sumber tagihan listrik terbanyak, untuk itu lebih baik untuk membuka tirai saat merasa ruangan panas. Hal ini untuk menghemat biaya pemakaian listrik AC," ucap Khilqa.

Mengontrol pemakaian listrik sangatlah penting. Hal ini berguna agar kita siap sedia memeriksa daya bulanan dan tagihan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya upaya penghematan yang telah dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3643 seconds (0.1#10.140)