Ini Tips Mencuci dengan Mesin Cuci yang Benar dan Hemat

Kamis, 17 Maret 2022 - 14:00 WIB
loading...
Ini Tips Mencuci dengan Mesin Cuci yang Benar dan Hemat
Mesin cuci Wonderwash 2-in-1 Washer Dryer mengusung berbagai teknologi untuk memudahkan penggunanya.
A A A
JAKARTA - Memilih mencuci sendiri bukan ke laundry saat musim pandemi adalah pilihan bijak. Mengingat angka Covid-19 kembali meninggi. Sedangkan menggunakan fasilitas bersama, menjadi salah satu media penularannya. Setidaknya dengan mencuci sendiri, satu pintu media penularan, telah kita tutup.

Namun, mencuci sendiri, meskipun dengan mesin cuci, bukan hal yang mudah bukan? Meskipun kita acapkali berpikir, mencuci pakai mesin cuci itu mudah. Tinggal memasukkan, cucian sudah beres. Lalu hasilnya bagaimana? Ehm, mungkin ada yang yakin, its okelah, tapi sebagian besar akan menjawab, yaaa gitu deh.

Iya memang mencuci menggunakan mesin cuci, ada tipsnya agar hasilnya memuaskan. Nah, sekarang yuk kita simak, tips mencuci pakai mesin cuci yang benar.

1. Sortir cucian
Sebelum mencuci, pisahkan pakaian berdasarkan warna. Cuci pakaian berwarna gelap bersama yang gelap juga, sementara warna terang dengan terang. Selain mencegah baju berwarna gelap melunturi pakaian lain, dengan dipisah, baju akan lebih awet. Selain meyortir berdasarkan warna, Anda harus menyortir berdasarkan jenis kain dan sifat serat.

Pastikan juga pakaian-pakaian tersebut terbuat dari satu bahan, artinya tidak ada lapisan, manik-manik, atau trim, serta bahannya tak menyusut saat dikeringkan. Jika ada pisahkan.

2. Balik baju
Sebelum dicuci, baju sebaliknya dibalik. Bagian dalam di luar dan bagian luar di dalam. Dengan cara ini, warna baju tidak pudar.

3. Atur kecepatan mesin cuci
Hindari terlalu sering mencuci dengan kecepatan maksimal. Karena akan membuat bahan baju cepat rusak dan warnanya lebih cepat. Jadi jika pakaian tidak terlalu kotor, maka jangan menggunakan kecepatan putaran maksimal di mesin cuci.

4. Cek label instruksi di baju
Sebagian besar baju, terdapat label atau tag yang menempel yang isinya instruksi pencucian. Untuk mendapatkan hasil maksimal, ikuti instruksi bagaimana mencuci yang benar sesuai bahan baju, agar warnanya tidak cepat pudar.

5. Bersihkan noda
Sebelum dimasukkan ke mesin cuci, pakaian yang ternoda, sebaiknya dibersihkan terlebih dulu. Ini untuk menghindarkan noda menyebar ke area pakaian lainnya. Nah, noda di pakaian berupa saos, langsung saja ambil dari pakaian. Jika berbahan dasar minyak, taburkan tepung maizena ke area tersebut dan tunggu 15 menit sebelum menghilangkannya. Pastikan untuk mengoleskan noda, jangan menggosok atau menekan dengan paksa, dengan air dingin.

6. Pilih deterjen yang tepat
Detergen digunakan harus tepat. deterjen cair dan bubuk dapat digunakan untuk minyak dan noda. Karena sangat terkonsentrasi, deterjen ini sangat kuat. Anda hanya membutuhkan sedikit untuk cucian yang lumayan banyak. Selain itu, detergen juga bisa membunuh bakteri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2486 seconds (0.1#10.140)