Terapi PBC Disebut Mampu Tuntaskan Trigeminal Neuralgia Secara Singkat

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:00 WIB
loading...
Terapi PBC Disebut Mampu Tuntaskan Trigeminal Neuralgia Secara Singkat
PBC bisa menjadi salah satu solusi pilihan untuk mengatasi serangan trigeminal neuralgia atau nyeri wajah sebelah. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Percutaneous Balloon Compression (PBC) menjadi salah satu solusi pilihan untuk mengatasi serangan trigeminal neuralgia atau nyeri wajah sebelah.

Pada awalnya, penanganan trigeminal neuralgia berupa obat-obatan . "Pilihannya adalah obat antinyeri atau obat antikejang, yang harus berdasarkan resep dokter," ungkap Dokter Spesialis Bedah Saraf, dr. Heri Aminuddin, SpBS. dalam virtual conference, belum lama ini.

Penanganan atau pengobatan trigeminal neuralgia ditentukan dengan hasil wawancara saat pasien menceritakan gejala yang dirasakan saat berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Kenali Faktor dan Gejala Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Apalagi bila nyeri terutama muncul pada saat penderitanya hanya melakukan aktivitas harian, misalnya mencukur, membasuh wajah, menyikat gigi, makan, tertawa dan lainnya. Padahal aktivitas harian tersebut seharusnya tidak menimbulkan nyeri pada wajah.

Apabila nyerinya terjadi hanya pada salah satu sisi wajah, memang kemungkinan akibat trigeminal neuralgia. Selain dari hasil anamnesis, untuk lebih memastikan lagi dokter akan merekomendasikan pemeriksaan penunjang seperti MRI.

Lebih lanjut, dr. Heri Aminuddin mengutarakan, kadangkala memang kondisi nyeri luar biasa ini membutuhkan tindakan tertentu untuk mengatasinya. Pasalnya, serangan nyeri akibat trigeminal neuralgia terasa seperti tersayat benda tajam, tertusuk, terbakar bahkan seperti kesetrum listrik dapat membuat penderitanya tak mampu beraktivitas seperti biasa yang lama kelamaan kualitas hidup juga menurun.

"Teknologi atau metode PBC bisa menjadi salah satu solusi pilihan untuk atasi nyeri wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia," papar dokter yang biasa berpraktik di Brain and Spine Center RSU Bunda Jakarta ini.

Metode PBC dapat dilakukan pada penderita dengan karakteristik tertentu, seperti gagal obat atau obat tidak dapat mengatasi nyeri, lanjut usia, takut akan operasi, memiliki faktor komorbid tertentu, pasca tindakan operasi, dan nyeri terasa pada area wajah bagian tengah dan bawah.

"PBC, seperti namanya –balon– berarti menggunakan balon yang akan dimasukkan via guide wire ke dalam dasar tengkorak dekat dengan saraf trigeminal. Bila sudah mencapai titik ini, balon dikembangkan agar menekan saraf trigeminal," jelasnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)
pixels