Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Rabu, 30 Maret 2022 - 12:48 WIB
loading...
A A A
Dark chocolate cocok disandingkan dengan minuman hangat seperti teh untuk berbuka puasa. Dark chocolate mampu menurunkan kadar gula darah, karena ia mengandung flavonoid yang akan mengikat glukosa. Flavonoid bersifat antioksidan, sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas.

5. Jus Buah

Menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes selanjutnya adalah jus buah tanpa gula sebagai menu buka puasa merupakan pilihan yang sehat bagi pengidap diabetes. Buah mengandung serat yang tinggi dan dapat menunda lapar sehingga menghindarkan tubuh dari lemas selama puasa.

6. Berbagai Ikan Laut

Menu sahur dan buka puasa untuk penderita diabetes adalah sajian ikan laut yang diselingi dengan sayur dan buah dapat membuat pengidap diabetes selalu prima selama melaksanakan ibadah puasa. Kandungan omega 3 dan lemak jenuh yang terkandung dalam ikan laut tidak akan mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah.



7. Brokoli

Brokoli dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus dengan menambahkan bumbu yang anda suka. Dengan mengonsumsi sayur ini, maka kadar gula darah dapat menurun. Karena brokoli mengandung magnesium yang baik untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain menu makanan berbuka dan sahur di atas, anda masih bisa memakan camilan setelah makan besar. Beberapa makanan ringan yang dapat dikonsumsi pengidap diabetes di antaranya:
* Yoghurt dengan kurma.
* Semangkuk susu sereal.
* Semangkuk sedang buah potong atau 2 buah jeruk ukuran sedang.
* Smoothies stroberi pisang.
* Salad buah sayur dengan mayonaise (secukupnya).
* Bubur kacang hijau atau kolak.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)