Diperingati Tiap 1 April, Ini Daftar Kekayaan Budaya Kota Makassar

Jum'at, 01 April 2022 - 08:05 WIB
loading...
Diperingati Tiap 1 April, Ini Daftar Kekayaan Budaya Kota Makassar
Tari Pakarena merupakan salah satu kekayaan budaya Kota Makassar. Foto/Dok Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Hari Kebudayaan Kota Makassar diperingati pada tanggal 1 April setiap tahun. Penetapannya melalui peraturan wali kota (Perwali) pada tahun 2019 lalu.

Harapannya, lewat pencanangan hari budaya ini dapat membawa pengaruh positif bagi masyarakat Makassar maupun Sulsel secara umum. Berikut ini 5 kekayaan budaya Kota Makassar, mulai dari alat musik hingga kuliner.

1. Alat Musik Kecaping

Munculnya alat musik yang disebut kacaping di lingkungan masyarakat yang berkomunitas Bugis, diawali adanya usaha setiap orang yang berjiwa seni untuk menghibur diri sendiri termasuk orang lain dalam kondisi lingkungan alam dalam keadaan sunyi dan sepi. Bahkan dikatakan, bahwa alat kesenian yang disebut kacaping mulai dilantumkan oleh seorang pelaut.



2. Pakaian Adat Baju Bodo

Baju Bodo adalah pakaian tradisional perempuan suku Bugis dan suku Makassar, Sulawesi, dan Bugis Pagatan, Kalimantan, Indonesia. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia.

3. Tari Pakarena

Tari pakarena adalah jenis tarian tradisional yang menjadi tarian daerah provinsi Sulawesi Selatan. Tarian ini menjadi salah satu ikon kebudayaan provinsi..

Dalam pementasannya, tarian tradisional ini dimainkan oleh 4 penari dan diiringi dengan alat musik berupa gandrang dan puik-puik. Gandrang merupakan sebuah alat musik yang terbuat dari kepala drum sementara puik-puik merupakan alat musik tiup mirip dengan seruling.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)