Penderita Maag Tetap Bisa Puasa, Ini 5 Tips Amannya

Jum'at, 01 April 2022 - 08:41 WIB
loading...
Penderita Maag Tetap Bisa Puasa, Ini 5 Tips Amannya
Penderita maag tetap bisa puasa seperti lainnya. Namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini agar nyaman. Foto/Seniority
A A A
JAKARTA - Penderita maag tetap bisa puasa seperti lainnya. Namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan penderita maag sebelum menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini agar berjalan lancar dan nyaman.

Penderita penyakit maag tidak punya alasan untuk tidak puasa. Berdasarkan penelitian, puasa tidak menimbulkan dampak buruk bagi penderita maag, bahkan memberikan manfaat besar untuk manfaat kesehatan.

Di mana puasa terbukti mencegah maag dan mengurangi peradangan pada lambung. Agar tetap nyaman sepanjang berpuasa, berikut lima tips puasa bagi penderita maag dilansir dari Azislam, Jumat (1/4/2022).


1. Jangan Lewatkan sahur

Makan sahur sangat penting sebelum melakukan puasa karena dapat menjaga asupan energi yang dibutuhkan di siang hari, terutama bagi penderita maag. Makanlah menu yang bergizi, memiliki cukup karbohidrat, protein dan serat. Hindari makanan yang terlalu manis karena dapat membuat tubuh cepat merasa lemas dan lapar. Bisa juga berbahaya bagi penderita maag karena makanan manis akan cepat dikosongkan di perut, termasuk makanan instan.

Selain itu, hindari juga makanan pedas, asam dan berminyak serta buah-buahan yang asam seperti lemon, jeruk, dan anggur. Pasalnya, makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Anda bisa minum susu hangat saat sahur karena dapat mengurangi rasa tidak nyaman di perut, kecuali bagi para penderita intoleransi laktosa.

2. Hindari Tidur Setelah Subuh

Sebagian besar umat Islam biasanya akan tidur kembali setelah makan sahur. Sebenarnya hal ini bisa berbahaya bagi penderita maag karena tidur setelah makan dapat memicu produksi asam lambung dan membuat perut terasa tidak nyaman. Sebaiknya, makan di penghujung waktu sahur dan menunggu pagi datang dengan sholat subuh, sholat sunnah, membaca Alquran dan berdzikir.


3. Makan Secukupnya saat Buka Puasa

Penderita maag disarankan untuk berbuka puasa dengan makanan secukupnya. Jangan jadikan buka puasa sebagai momen balas dendam karena makan berlebihan saat berbuka bisa menyebabkan produksi asam lambung naik. Disarankan buka puasa dengan makan takjil atau kurma, sedikit teh manis, kemudian makan dalam porsi yang cukup setelah sholat Maghrib.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)