Minyak Goreng Boleh Dikonsumsi tapi Catat! Ini Batas Maksimalnya per Hari

Selasa, 12 April 2022 - 09:15 WIB
loading...
Minyak Goreng Boleh Dikonsumsi tapi Catat! Ini Batas Maksimalnya per Hari
Minyak goreng dalam makanan memungkinkan terjadinya penambahan kadar kolesterol. Untuk itu, penting membatasi penggunaan minyak goreng demi kesehatan yang paripurna. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Minyak goreng yang digunakan dalam pengolahan makanan memungkinkan terjadinya penambahan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk Anda yang ingin mengatur kadar kolesterol, penting membatasi penggunaan minyak goreng demi kesehatan yang paripurna.

Menjadi pertanyaan, berapa batas maksimal minyak goreng per hari yang bisa dipakai?

Dijelaskan oleh Ahli Gizi dr. Pooja Malhotra, secara umum tubuh cukup membutuhkan 4 sendok teh (sdt) minyak dalam sehari. Hal ini karena makanan lain yang dikonsumsi mengandung lemak juga, sama dengan minyak goreng.

Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa Tanpa Minyak Goreng, Sehat dan Lezat!

"Selain dari minyak goreng, lemak juga bisa berasal dari susu, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, ayam, makanan laut, atau daging. Makanya, minyak goreng yang diperlukan tubuh maksimal 4 sdt per hari," kata dr. Pooja dalam laman Doctor NDTV, dikutip Selasa (12/4/2022).

Lebih lanjut, Ahli Gizi Neha Chandna mengatakan bahwa takaran maksimal 4 sendok teh per hari itu berlaku untuk pria maupun wanita dewasa. Tapi, jumlahnya akan berbeda pada kondisi kesehatan tertentu dan pada mereka yang sedang mengontrol asupan minyak dalam tubuh.

"Kalau lagi proses penurunan berat badan, jumlah maksimalnya menjadi 3 sdt per hari. Pada orang dengan masalah jantung, asupan minyak goreng per hari maksimal 2 sdt," tambahnya di laman The Health Site.

Baca Juga: Stefani Horison MCI Bagikan Trik Masak Enak Tanpa Minyak Goreng



Nah, pada anak-anak ternyata asupannya lebih tinggi yaitu 5 sdt per hari. "Namun, kalau si anak usianya sudah 9 tahun ke atas, asupannya jadi 4 sdt per hari," sambungnya.

Neha pun memberikan sedikit tips mengurangi minyak yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Cara terbaik mengurangi asupan minyak adalah dengan mengganti cara mengolah makanan. Jika selama ini menggoreng, ubah ke memanggang atau mengukusnya.

2. Agar tidak mengandalkan lemak hanya dari asupan minyak goreng, Anda harus menambahkan makanan lain yang juga mengandung lemak baik seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Ingat, jangan konsumsi minyak goreng lebih dari 4-5 sdt dalam sehari, karena dapat menyebabkan masalah jantung dan beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1648 seconds (10.177#12.26)