Varian XE, XD, dan XF Belum Ditemukan di Indonesia, Kemenkes Minta Masyarakat Tetap Waspada

Jum'at, 15 April 2022 - 08:59 WIB
loading...
Varian XE, XD, dan XF Belum Ditemukan di Indonesia, Kemenkes Minta Masyarakat Tetap Waspada
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid memastikan varian XE, XD, dan XF belum ditemukan di Indonesia. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid memastikan bahwa sub varian XE , XD, dan XF belum ditemukan di Indonesia. Sub varian XE sendiri merupakan gabungan dari genetik varian BA.1 dan BA.2 Omicron .

Sub varian XE dinilai lebih cepat menular dibandingkan sub varian BA.2. Namun belum cukup bukti epidemiologis untuk memperlihatkan perubahannya di dalam masyarakat.

''Ini pertama kali terdeteksi dari spesimen pada tanggal 19 Januari di Inggris dan di sana sudah ada 763 kasus XE yang ditemukan,'' kata Siti Nadia dikutip dari situs resmi Kemenkes, Jumat (15/4/2022).

''Hingga saat ini baik sub varian XE, XD, maupun XF ini belum ditemukan di Indonesia,'' tambahnya.

Baca Juga: WHO: Kasus Baru Covid-19 dan Kematian di Dunia Terus Turun

Sub Varin XE dan XF, dijelaskan Siti Nadia merupakan gabungan dari varian Delta AY.4 dan Omicron BA.1. Sampai saat ini, sub varian XF sudah ditemukan di Inggris namun masih sangat kecil jumlahnya.

''Artinya ini masih menjadi kewaspadaan kita bahwa walaupun dikatakan lebih cepat menular dibandingkan varian Omicron," jelas Nadia.

"Tetapi karena kita sebagai bagian dari upaya menekan penularan dan memitigasi dampak daripada penularan tersebut, maka sub varian ini menjadi perhatian kita bersama,'' tambahnya.

Di sisi lain, tidak ada perbedaan gejala khusus pada ketiga sub varian tersebut. Sementara Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro menyebut adanya pelonggaran tentu berisiko terjadinya penularan Covid-19.

Baca Juga: Studi Terbaru: Pengguna Vaksin Sinovac, 5 Kali Berpeluang Alami Gejala Berat Covid-19

Dengan itu, Reisa mengimbau masyarakat segera vaksinasi Covid-19 lengkap dan booster. "Meminimalisir risiko terinfeksi atau menularkan Covid-19 apapun variannya mau kemarin ada Omicron terus sekarang ada Omicron XE. Penting tetap waspada dan kunci pencegahannya," ujar Reisa baru-baru ini.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2070 seconds (11.210#12.26)