5 Penyebab Berat Badan Naik Meski Puasa Ramadhan, Nomor 4 Merangsang Otak Terus Makan

Selasa, 19 April 2022 - 09:52 WIB
loading...
5 Penyebab Berat Badan Naik Meski Puasa Ramadhan, Nomor 4 Merangsang Otak Terus Makan
Penyebab berat badan naik meski puasa Ramadhan sering membuat bingung. Khususnya, bagi mereka yang sedang menjalani diet. foto/ilustrasi/healthline
A A A
JAKARTA - Penyebab berat badan naik meski puasa Ramadhan sering membuat bingung. Khususnya, bagi mereka yang sedang menjalani diet.

Apakah Anda termasuk orang yang mengalami berat badan naik saat puasa Ramadhan? Anda bingung kenapa puasa tapi berat badan naik? Mungkin beberapa kebiasaan ini Anda lakukan.

Ya, meski puasa Ramadhan dikerjakan kurang lebih 14 jam per hari selama sebulan penuh, tapi ada orang yang malah berat badannya naik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, salah satunya terlalu rakus di saat buka puasa.

Tak hanya rakus, Anda pun tidak memperhatikan nilai gizi yang dikonsumsi baik saat sahur maupun buka puasa. Semua dilahap sampai akhirnya begah dan ketika ini dianggap normal, ya, berat badan naik jadi hasil akhirnya.



Secara lebih lengkap, laman Popsugar merincikan penyebab seseorang mengalami berat badan naik saat puasa Ramadhan. Dikutip MNC Portal, Selasa (19/4/2022), berikut ulasan selengkapnya:

1. Makan Banyak saat Buka Puasa

Ini adalah kebiasaan banyak orang. Saat bedug Maghrib berkumandang, Anda seperti monster kelaparan yang melahap semua sajian di depan mata. Sampai-sampai Anda tak sadar makan terlalu banyak dan tidak dikontrol asupan gizinya.

"Puasa tidak menjamin penurunan berat badan, terlebih jika Anda rakus saat buka puasa," kata Ahli Gizi Whitney English Tavaie.

Puasa akan memberi dampak baik pada kesehatan tubuh jika Anda mengontrol apa yang Anda makan, baik saat sahur maupun buka puasa. Kontrol di sini mengarah pada pembatasan jumlah kalori harian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)