Sebanyak 20 Negara Laporkan 228 Kasus Hepatitis Akut Misterius

Rabu, 04 Mei 2022 - 15:17 WIB
loading...
Sebanyak 20 Negara Laporkan 228 Kasus Hepatitis Akut Misterius
Organisasi Kesehatan Dunia baru saja mengabarkan perkembangan terbaru terkait penyakit hepatitis misterius yang tengah merebak sejak akhir April 2022. / Foto: ilustrasi/People
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengabarkan perkembangan terbaru penyakit hepatitis misterius yang merebak sejak akhir April 2022.

Juru bicara WHO, Tarik Jasarevic menyebutkan bahwa WHO saat ini setidaknya sudah menerima laporan 228 kemungkinan kasus hepatitis akut anak dengan tambahan kasus lainnya yang sedang dalam proses investigasi.

"Pada 1 Mei, setidaknya 228 kasus probable yang dilaporkan ke WHO dari 20 negara, dengan lebih dari 50 kasus tambahan sedang diselidiki," ungkap Tarik Jasarevic dalam konferensi pers di Jenewa, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius Serang Anak-anak, Masyarakat Diminta Tetap Tenang dan Patuhi Prokes

Dengan penyataan tersebut, saat ini memang angka laporan kasus dan angka daftar negara yang melaporkan kasus hepatitis misterius pada anak ini telah meningkat jika dibandingkan sebelumnya.

Pada 23 April lalu, badan kesehatan PBB itu menyebutkan, pihaknya sejauh ini sudah menerima laporan setidaknya sampai 169 kasus hepatitis akut yang tidak diketahui asalnya, dari sekurangnya 12 negara.

Baca juga: Mieke Wijaya Meninggal Dunia, Dokter Sebut Diabetes Berisiko Tingkatkan Kanker

Saat ini para otoritas kesehatan di seluruh dunia sedang menyelidiki adanya peningkatan misterius dalam kasus hepatitis parah (radang hati) menyerang anak-anak, yang sekarang telah mengakibatkan setidaknya tiga kasus kematian. Bertambah dua orang, setelah laporan WHO pada 25 April lalu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4339 seconds (0.1#10.140)