Tingkatkan Imunitas Anak Usai Lebaran dengan Buah dan Sayuran

Jum'at, 06 Mei 2022 - 14:32 WIB
loading...
Tingkatkan Imunitas Anak Usai Lebaran dengan Buah dan Sayuran
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas seorang anak tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. / Foto: ilustrasi/independent.ie
A A A
JAKARTA - Perjalanan mudik yang melelahkan tentu memberikan dampak terhadap kondisi kesehatan anak. Sehingga menjaga kondisi kesehatan anak pasca Lebaran menjadi hal penting buat orang tua.

Kendati demikian, seperti diungkap dokter gizi, dr. Yohan Samudra, meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas seorang anak tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Menurutnya, perlu dipersiapkan dari jauh hari atau jangka panjang, seperti menjaga asupan hingga waktu istirahat anak.

Baca juga: Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Jahat setelah Lebaran?

"Meningkatkan imun tidak bisa hanya dalam satu malam, harus ditabung dalam jangka panjang, sehingga kebutuhan nutrisi pada anak harus selalu dipenuhi," jelas ahli gizi Primaya Hospital Tangerang itu kepada MNC Portal, Rabu (4/5/2022).

Apabila anak mengalami sakit pasca lebaran, dianjurkan agar memeriksakan ke dokter. Selnjutnya, mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter hingga memperhatikan asupan sehat anak.

Asupan sehat tersebut, seperti buah dan sayur. Jangan dilupakan juga pemunuhan kebutuhan cairan tubuh anak agar tidak dehidrasi pasca lebaran.



"Berikan obat sesuai anjuran dokter, istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan air putih, dan tingkatkan makanan serta minuman kaya vitamin seperti buah dan sayuran," bebernya.

Sementara, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan, dr. Muhammad Fajri Adda'i menyarankan untuk tetap melakukan tes antigen sebelum dan sesudah mudik lebaran.

Hal itu perlu dilakukan guna mengetahui dan mencegah penularan Covid-19, hal ini berlaku bagi bergejala atau tidak.

Baca juga: 4 Langkah Penting Penanganan Hepatitis Akut, Waspada Sebelum Terlambat

"Jika bergejala segera lah melakukan isoman, kemudian melakukan antingen, setelah 3-5 hari kebalikan dari kampung," ungkap dr. Fajri kepada MNC Portal, belum lama ini.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2663 seconds (10.101#12.26)