5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?

Senin, 09 Mei 2022 - 06:45 WIB
loading...
5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?
Ada lima kota terbesar di Indonesia. Berdasarkan jumlah penduduknya, kota-kota ini dihuni oleh jutaan hingga puluhan juta masyarakat dengan berbagai fasilitas. Foto/Abdul Azis Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada lima kota terbesar di Indonesia . Di mana berdasarkan jumlah penduduknya, kota-kota ini dihuni oleh jutaan hingga puluhan juta masyarakat dengan berbagai fasilitas, dari rumah sakit, pusat perbelanjaan, tempat hiburan hingga institusi pendidikan.

Sebagai kota metropolitan, kota-kota ini berkembang cukup pesat dan memiliki gedung-gedung tinggi. Karena itu, tak heran jika kota ini menjadi daya tarik banyak orang untuk mencari pekerjaan sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang.

Di sisi lain, Indonesia sendiri merupakan negara terbesar ke-14 di dunia berdasarkan luas daratan dan terbesar ke-4 berdasarkan jumlah penduduk. Lantas kota mana saja yang masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia?

Berikut daftarnya seperti dilansir dari Worldatlas, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: 5 Kota Tujuan Mudik Terfavorit, Jogjakarta Posisi Pertama

1. Jakarta

5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?


Jakarta adalah ibu kota Indonesia dan kota terpadat di negara ini dengan total populasi 10.075.310 pada sensus 2014. Jakarta adalah pusat budaya, politik, dan ekonomi negara. Seperenam dari PDB Indonesia dihasilkan oleh Jakarta. Kontributor utama perekonomian Jakarta adalah jasa keuangan, perdagangan, manufaktur, dan perbankan.

Pertumbuhan ekonomi Jakarta sudah lebih dari 6 persen sejak 2009. Namun, biaya hidup tetap tinggi di kota yang pasar propertinya makmur. Alasan utama pertumbuhan penduduk Jakarta sejak 1951 adalah karena daya tarik kesempatan kerja. Jakarta adalah rumah bagi Universitas Indonesia yang merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua di Indonesia.

2. Surabaya

5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1085 seconds (10.101#12.26)