Peminat Aglaonema Meningkat selama Pandemi, Impor dari Thailand Diharapkan Berkurang

Minggu, 29 Mei 2022 - 20:47 WIB
loading...
Peminat Aglaonema Meningkat selama Pandemi, Impor dari Thailand Diharapkan Berkurang
Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal dan memberikan dampak pada banyak sektor bisnis serta industri. Termasuk bisnis tanaman hias, khususnya aglaonema. Foto/MPI/Siska Permata Sari
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal dan memberikan dampak pada banyak sektor bisnis serta industri. Termasuk bisnis tanaman hias, khususnya aglaonema.

Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia. Bisnis tanaman yang dijuluki ‘sri rezeki’ ini justru mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan Anggota Asosiasi Aglaonema Nusantara (ASA) sekaligus Ketua Pelaksana Kontes Nasional Aglaonema Nusantara Santi Helmy Faishal. “Di masa pandemi, pasar aglaonema tidak hanya stabil, tapi semakin meningkat,” ujarnya saat ditemui MNC Portal di Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (29/5/2022).



Menurut Santi, sebagai pecinta tanaman hias aglaonema, hal tersebut juga berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi. Karena itu, ASA bersama The Nirwana Sky Garden menggelar Kontes Nasional Aglaonema Nusantara untuk pertama kali.

Lewat kegiatan ini, Santi berharap dapat meningkatkan lagi semangat bagi para petani dan pecinta tanaman hias aglaonema di Indonesia. Hal ini juga diharapkan ke depannya bisa meningkatkan produktivitas dan inovasi para petani serta pecinta aglaonema, sehingga produk aglaonema di Indonesia bisa lebih bersaing dengan luar negeri.

Mengingat Indonesia masih mengimpor ratusan ribu tanaman aglaonema dari Thailand, Santi berharap hal tersebut secara perlahan dapat dikurangi.

“Harapan kita pasar impor ini bisa pelan-pelan mengurangi bahkan setop. Karena pasar yang punya kita. Satu bulan kita masih impor 600 ribu dari Thailand. Kita berharap ini lama-lama bisa berkurang dan menjadi dari kita untuk kita,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang turut mendukung potensi besar tanaman aglaonema di Tanah Air.

“Ini adalah potensi untuk meningkatkan seluruh ekosistemnya, baik yang berperan sebagai petani di hulu maupun yang berperan di antaranya dan yang paling ujung. Jadi seluruh mata rantai punya potensi menggerakkan perekonomian,” ujarnya dalam sambutan di Kontes Nasional Aglaonema Nusantara.

“Kami berharap ekosistem aglaonema ini nantinya bisa tumbuh berkembang. Kami di Jakarta siap mendukung dan saya yakin pasar di Jakarta mungkin merupakan salah satu pasar terbesar aglaonema di Indonesia. Kenapa? Karena Jakarta punya daya beli yang cukup tinggi,” pungkas Anies.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)