IDI Sarankan Vaksin Booster Covid-19 Kedua untuk Umum

Jum'at, 29 Juli 2022 - 11:28 WIB
loading...
IDI Sarankan Vaksin Booster Covid-19 Kedua untuk Umum
IDI menyarankan vaksin booster Covid-19 yang kedua tak hanya untuk nakes tapi umum. Ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih kepada masyarakat luas. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan vaksin booster Covid-19 yang kedua tak hanya untuk tenaga kesehatan (nakes) tapi juga untuk umum. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih kepada masyarakat luas.

Sekjen IDI dr Ulul Albab, SpOG mengatakan bahwa vaksin merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dan orang tercinta dari Covid-19.

"Ini adalah misi nasional, vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan orang yang Anda cintai dan kami mendorong semua orang untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin," kata dr Ulul dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (29/7/2022).

Sementara itu, Ketua Umum IDI dr M. Adib Khumaidi, SpOT menjelaskan bahwa vaksin booster memiliki tujuan baik.




Vaksin terbukti mampu melindungi dari tingkat rawat inap di rumah sakit, keparahan, dan kematian. Selain itu, vaksin juga bisa membentuk kekebalan tubuh secara komunitas.

"IDI menyambut baik booster kedua vaksinasi Covid untuk tenaga kesehatan ini. Vaksinasi terbukti telah menyelamatkan banyak nyawa, mengurangi tekanan pada fasilitas kesehatan dan memungkinkan kita belajar hidup dengan virus," jelas dr Adib.

Sehubungan dengan ini, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 bagi SDM Kesehatan.

Surat edaran tersebut, dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan dan kerja sama pemerintah daerah dan fasilitas pelayanan kesehatan penyelenggara layanan imunisasi, baik pemerintah maupun swasta, dalam melakukan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi SDM kesehatan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)