Gejala Kolesterol Tinggi pada Jantung dan Pembuluh Darah, Waspadai!

Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:22 WIB
loading...
A A A
Akan tetapi, terdapat beberapa kemungkinan gejala yang mengindikasikan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. Contohnya adalah Angina atau nyeri di dada yang disebabkan penyakit jantung, stroke, hingga penyakit peredaran darah lainnya.

Sebagai contoh, penyakit arteri koroner (jenis penyakit jantung) terjadi karena penumpukan plak yang membuat arteri kesulitan memasok darah ke jantung. Gejalanya bisa berupa angina atau nyeri dada, mual, sesak nafas, hingga nyeri di leher, rahang, hingga perut bagian atas.

Baca juga : Cokelat Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya

Kemudian, ada juga Penyakit Arteri Perifer yang terjadi ketika plak menumpuk di dinding arteri. Hal ini bisa berakibat terblokirnya aliran darah yang memasok darah ke ginjal, dan seluruh tubuh. Gejalanya bisa berupa kram, rasa sakit di bagian kaki, hingga kelelahan.

Dalam hal ini, Anda bisa mencegah terjadinya hal-hal buruk seperti di atas. Cara pertama, harus melakukan tes. Jika ditemukan masalah seputar kadar kolesterol tinggi, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan diet sehat, merubah pola hidup, bahwa mengkonsumsi obat jika diperlukan.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk rutin berolahraga, hentikan kebiasaan merokok (jika merokok), mempertahankan berat badan sehat, hingga membatasi konsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)