5 Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah, Nomor Terakhir Paling Penting

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 21:10 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah, Nomor Terakhir Paling Penting
Cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah sangat penting diketahui. Selain mempengaruhi penampilan, juga karena menyangkut kondisi kesehatan tubuh. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah sangat penting diketahui. Selain mempengaruhi penampilan, juga karena menyangkut kondisi kesehatan tubuh.

Menjaga kebutuhan air dalam tubuh salah atau cara untuk menjaga kelembapan bibir. Namun bukan hanya itu, sebab masih ada hal lain perlu dilakukan sebagai pencegahan.

Lantas apa saja cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah?, Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jangan menjilat
Bagi anda hobi menjilat bibir, perlu dihentikan karena membuat bibir lebih kering. Karena air liur menguap dengan cepat, bibir lebih kering setelah Anda menjilatnya daripada sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami, Begini Tipsnya!

2. Jangan gunakan pelembap bibir beraroma
Hentikan Ketika memberikan sesuatu beraroma di bibir, membuat anda tergoda untuk menjilat. Sementara lip balm beraroma mungkin menyenangkan, mereka dapat menyebabkan mulut kering dan pecah-pecah dan itu sama sekali tidak menyenangkan.

3. Gunakan tabir surya
Jika berencana untuk berjemur seharian, gunakan lip balm dengan tabir surya. Ini akan membantu menjaga bibir Anda agar tidak terbakar , dan kekeringan serta pengelupasan yang dapat terjadi sesudahnya.

4. Tutup mulut saat keluar
Seperti udara dingin terutama dapat mengeringkan bibir Anda. Menutupi dengan syal saat Anda pergi ke suhu yang ekstrem, dapat membantu menjaga mereka tetap terlindungi.

5. Tetap terhidrasi
Saat beraktivitas di luar dan dalam, baik musim dingin bisa kering. Tetap jagalah kelembapan udara di rumah Anda dengan pelembab udara. Juga, pastikan untuk minum banyak air untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit dan bibir kering.

Sekadar informasi, dalam pemulihan bibir kering atau pecah-pecah tergantung pada seberapa kondisi anda.

"Kasus yang kurang parah, seperti cheilitis simplex, dapat disembuhkan dalam dua hingga tiga minggu. Jika bibir Anda tidak terasa lebih baik setelah beberapa minggu, temui dokter kulit bersertifikat yang dapat menentukan perawatan yang tepat," keterangan Verywell.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1487 seconds (11.210#12.26)