Pandemi Belum Berakhir, Tetap Patuhi Prokes dan Segera Lakukan Vaksinasi Booster

Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:36 WIB
loading...
Pandemi Belum Berakhir, Tetap Patuhi Prokes dan Segera Lakukan Vaksinasi Booster
Meskipun sudah memasuki masa transisi menuju endemi, namun masyarakat diperingatkan untuk tidak melonggarkan protokol kesehatan. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Kendati telah memasuki masa transisi menuju endemi, namun masyarakat diingatkan agar tidak abai protokol kesehatan .

Pasalnya, sampai saat ini masih muncul mutasi virus Covid-19 yang menginfeksi masyarakat dunia. Bukan hanya negara-negara luar, Indonesia juga masih mencatatkan kasus aktif Covid-19 hingga lebih dari 50.000.

Dokter Spesialis Gizi KlikDokter, dr. Karin Wiradarma memperingatkan masyarakat agar jangan terlalu terlena dan melonggarkan prokes.

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari untuk Mencegah Asam Urat

"Memang transisi dari pandemi ke endemi ini membuat orang terlena, akhirnya protokol kesehatannya mulai longgar," ungkapnya dalam Webinar Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat melalui Zoom, Rabu (17/8/2022).

Dia mengingatkan, Covid-19 masih dapat berbahaya bagi orang dengan kelompok tertentu. Misalnya saja, kelompok lansia dan orang dengan penyakit komorbid atau bawaan.

"Ingat, bahwa ada keluarga yang harus dijaga. Bisa saja keluarga kita ada yang lansia, punya penyakit komorbid, diabetes, kencing manis, darah tinggi, penyakit jantung, autoimun, kanker, dan mereka itu lebih rentan," paparnya.

Selain menerapkan protokol kesehatan, penting juga untuk mendapatkan vaksinasi lengkap, bahkan booster. "Herd immunity dengan vaksin memang semakin melindungi, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga keluarga," kata dia.

Dokter Karin berpesan agar masyarakat juga tetap menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Jangan sampai pola makan dan gaya hidup meningkatkan risiko memiliki penyakit tidak menular (PTM) berbahaya.

"Kurangi gorengan, kurangi juga (makanan dan minuman) yang manis-manis, dan banyak bergerak," ucapnya.

Baca juga: Ini 6 Artis Tanah Air yang Lahir Bareng HUT Kemerdekaan RI

"Selain itu, perbanyak buah, sayuran, dan protein," sambungnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2554 seconds (0.1#10.140)