4 Seafood Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari Meski Lezat

Kamis, 08 September 2022 - 17:14 WIB
loading...
4 Seafood Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari Meski Lezat
Sedikitnya ada empat jenis makanan seafood yang menjadi pantangan para penderita kolesterol. Salah satunya kepiting. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat jenis makanan seafood yang menjadi pantangan para penderita kolesterol . Bahkan salah satu di antaranya memiliki kadar kolesterol hingga 231 miligram (mg).

Dilansir dari laman livestrong.com, Jumlah kolesterol dalam makanan laut sangat bervariasi. Crustacea cenderung memiliki kadar kolesterol tertinggi.

Baca juga : 5 Seafood Rendah Kolesterol yang Aman Dikonsumsi

Untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh harus selektif dalam memilih makanan. Karena terdapat beberapa jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi seperti beberapa jenis seafood .

Berikut empat seafood pantangan penderita kolesterol tinggi dilansir dari berbagai sumber :

1. Kepiting

Kepiting adalah satal satu Crustacea yang memiliki kadar kolesterol tinggi sehingga kurang baik untuk dikonsumsi terlalu sering.

Setiap 100 gram kepiting terdapat kandungan sekitar 97 mg kolesterol, sementara untuk satu ekor kepiting kadar kolesterolnya dapat mencapai 114 mg menurut data dari nutritionix.com.

Ditambah lagi bila memasaknya menggunakan minyak atau mentega yang dapat menambah kadar lemak jenuh.

2. Gurita

Seafood berikutnya ini memang tidak memiliki kadar kolesterol setinggi kepiting namun mengkonsumsi lobster juga perlu dibatasi.

Kandungan kolesterolnya sendiri yaitu sekitar 96 mg dari 100 gram gurita. Sehingga bila ingin mengkonsumsinya jangan gunakan proses menggoreng karena akan menambah kadar kolesterol jahat didalamnya.

Baca juga : 5 Cara Menurunkan Kolesterol setelah Makan Seafood, Ampuh Tanpa Obat

3. Udang

Kembali dari keluarga Crustacea, yang satu ini sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibanding seafood lain yang telah disebutkan.

Udang memiliki kandungan kolesterol sekitar 211 mg dari 100 gramnya. Kadar tersebut terbilang sudah sangat tinggi dan tidak baik untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol

Terlebih lagi bila cara mengolahnya dengan menggoreng menggunakan minyak dan ditambahkan tepung dengan kuning telur yang dapat menambah kadar kolesterolnya.

4. Cumi Cumi

Urutan pertama untuk seafood yang memiliki kadar kolesterol paling tinggi adalah cumi cumi. Sebaiknya bagi para penderita kolesterol hindari makan seafood ini.

Melansir dari medicinenet.com, untuk satu porsi 3,5 ons (sekitar 99 gram) cumi cumi mentah menyediakan sekitar 231 mg kolesterol.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2328 seconds (0.1#10.140)