4 Cara Menurunkan Kolesterol di Usia Muda, Kenali dan Pahami

Senin, 12 September 2022 - 15:16 WIB
loading...
A A A
2. Olahraga Rutin atau Perbanyak Aktivitas Fisik

Cara menurunkan kolesterol di usia muda berikutnya adalah dengan berolahraga atau memperbanyak aktivitas fisik. Setidaknya, sisihkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Tidak harus 7 hari penuh, Anda bisa melakukannya 5 kali dalam seminggu. Perbanyak aktivitas fisik secara rutin bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga bisa menurunkan berat badan.

Agar tetap konsisten, Anda bisa mengajak teman olahraga atau bergabung dengan klub tertentu agar jadwal harian olahraga bisa teratur dan terus berjalan.

Baca juga : Kolesterol Tinggi, Gejala Pertama yang Mengancam Jiwa

3. Berhenti Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Adapun beberapa manfaat lainnya adalah membaiknya sirkulasi darah dan fungsi paru-paru dalam jangka waktu 3 bulan setelah berhenti merokok.

Selain itu, menghentikan kebiasaan ini juga akan meminimalisir risiko terkena penyakit jantung serta keluhan kesehatan lainnya.

4. Turunkan Berat Badan

Dalam beberapa penelitian, berat badan ekstra cukup berpengaruh terhadap kolesterol tinggi. Tidak harus melakukan diet ketat atau olahraga ekstra, namun cukup perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)