Via Vallen Umumkan Gangguan pada Kehamilan dengan Janin Tak Bergerak, Ini Penjelasan Medisnya

Minggu, 09 Oktober 2022 - 14:50 WIB
loading...
Via Vallen Umumkan Gangguan pada Kehamilan dengan Janin Tak Bergerak, Ini Penjelasan Medisnya
Pedangdut Via Vallen baru-baru ini memberi kabar tak sedap terkait kehamilannya yang mengalami gangguan. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Pedangdut Via Vallen baru-baru ini memberi kabar tak sedap terkait kehamilannya yang mengalami gangguan. Pasalnya, detak jantung calon anak pertamanya tidak berdetak di usia dua bulan.

Dalam keterangan salah satu postingan di akun Instagramnya, Via Vallen mengungkapkan jika detak jantung dan gerak calon buah hatinya tidak terdeteksi oleh alat USG.

Lantas, apakah janin tidak bergerak berkaitan dengan perkembangan pada janin terganggu? Berikut ulasannya, dikutip dari Primaya Hospital, Minggu, (9/10/2022).

Mengecek gerakan janin memang menjadi salah satu cara mengetahui perkembangan janin. Namun, perlu diingat, janin yang tidak bergerak bukanlah satu-satunya tanda bahwa janin mengalami gangguan dalam perkembangannya.



Dalam istilah medis, gangguan perkembangan janin ini disebut fetal growth restriction atau intrauterine growth restriction (IUGR), yakni ketika ukuran bayi lebih kecil dibanding usia kehamilan.

Saat mengalami gangguan, laju perkembangan janin melambat. Biasanya, berat badan bayi akan rendah ketika kelak lahir.

Ada sederet penyebab IUGR. Yang paling umum adalah masalah pada plasenta, saluran untuk memasok makanan dan darah untuk janin dari ibu. Masalah genetik juga bisa memicu IUGR.

Pergerakan janin yang normal dalam kandungan

Meski masih terbatas, janin sebenarnya sudah bisa bergerak dalam kandungan. Gerakan itu umumnya berupa tendangan yang dapat dirasakan. Janin juga dapat berguling atau cegukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)