8 Makanan Pantangan Bagi Penderita Penyakit Jantung, Nomor 5 Favorit Banyak Orang

Kamis, 13 Oktober 2022 - 12:05 WIB
loading...
A A A
Di dalam keduanya terdapat banyak kandungan lemak rans dan dapat menyebabkan resiko kolesterol dalam darah. Hal ini lah yang akan mengakibatkan buruknya kondisi jantung Anda. Solusi yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan bahan makanan rendah lemak seperti youghurt atau minyak zaitun yang jumlahnya harus di batasi.

4. Makanan yang Tinggi Gula dan Asin
Makanan yang mengandung kadar garam dan gula yang tinggi memang harus di hindari oleh penderita penyakit jantung. Makanan sejenis keripik macaroni, keripik kentang, es krim, permen, coklat dan kue-kue pencuci mulut bisa Anda ganti dengan mengkonsumsi seperti pisang, apel, kacang almond, coklat hitam, yoghurt atau sayur-sayuran.

5. Gorengan
Makanan ini adalah salah satu makanan favorit yang banyak mengandung lemak trans karena metode masak yang di gunakannya adalah deep fry, dimana ketika menggoreng, produksi lemak yang terkandung di dalamnya akan meningkat lebih banyak.

Banyak peneliti yang berpendapat serta menunjukan bahwa makanan yang menggunakan metode penggorengan ini bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, makanan ini menjadi salah satu makanan yang dipantang oleh penderita penyakit jantung. Kentang goreng dan ayam goreng tepung menjadi salah satu makanan yang harus di hindari.

6. Karbohidrat Olahan
Makanan ini juga menjadi salah satu makanan yang harus dibatasi karena bisa menyebabkan potensi adanya ketidak seimbangan pada gula darah. Makanan ini juga rendah akan nutrisi dan serat yang bisa meningkatkan resiko adanya obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Jenis karbohidrat olahan adalah tepung putih, nasi putih, pasta, mie instan, dan kue kering. Dikarenakan rendah akan nutrisi dan serat, makanan yang berbahan dasar karbohidrat olahan lebih cepat dicerna dan mengakibatkan adanya lonjakan energi yang singkat sehingga tubuh sering merasa lemas. Solusinya adalah Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah ataupun biji-bijian, dan perhatikan juga label komposisi saat akan mengkonsumsinya.

7. Soda Atau Minuman Berenergi
Nyatanya minuman seperti soda ataupun soft drink juga harus di hindari oleh penderita penyakit jantung. Kedua minuman ini bisa meningkatkan asupan kalori setiap harinya. Hal ini menyebabkan, pasien yang mengidap penyakit kardiovaskuler harus bisa membatasi asupan pada kalori agar mempunyai berat badan yang seimbang. Sebaiknya, perbanyak mengkonsumsi air putih dan juga jus buah.

8. Alkohol
Minuman yang satu ini adalah salah satu minuman yang paling dilarang untuk penderita penyakit jantung. Hal ini dikarenakan alkohol bisa menyebabkan adanya tekanan darah yang tinggi, gagal jantung, stroke hingga obesitas pada seseorang.

Maka dari itu sebaiknya perbanyak the hijau karena manfaatnya untuk kesehatan yang bisa meningkatkan pembakaran lemak dan bisa mencegah kerusahakan pada sel.

(MG/Khansa Novriandra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)