Duduk Terlalu Lama Meningkatkan Risiko Kematian Akibat 14 Penyakit

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 21:55 WIB
loading...
Duduk Terlalu Lama Meningkatkan Risiko Kematian Akibat 14 Penyakit
Menurut penelitian duduk lama meningkatkan risiko kematian akibat 14 penyakit. Studi tersebut menganalisis catatan 127.554 orang yang kesehatannya dipantau. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology duduk lama meningkatkan risiko kematian akibat 14 penyakit . Studi tersebut menganalisis data dari catatan 127.554 orang yang kesehatannya dipantau selama 21 tahun.

Semua orang dalam penelitian ini dalam keadaan sehat tetapi selama 21 tahun, 48.784 orang dari penelitian tersebut meninggal. Para peneliti menggunakan data untuk melihat tren apa pun di antara mereka yang meninggal.

Dilansir dari Express, Sabtu (15/10/2022) peneliti menemukan bahwa orang yang duduk untuk waktu yang lama yaitu lebih dari enam jam setiap hari lebih mungkin meninggal karena 14 penyakit yang berbeda.

Dibandingkan dengan orang yang duduk kurang dari tiga jam, orang-orang yang tidak banyak bergerak ini memiliki risiko kematian 19 persen lebih tinggi dari berbagai kondisi. Termasuk kanker, penyakit jantung, stroke, diabetes, penyakit ginjal, bunuh diri, penyakit alzheimer dan lainnya.

Baca Juga: Duduk Lama Picu Diabetes hingga Jantung, Ini Cara Mengatasinya

Namun, penelitian ini tidak difokuskan untuk mencari tahu persis mengapa orang-orang ini meninggal. Itu melihat korelasi daripada penyebab.

“Meskipun kami masih belum memahami bagaimana mengukur berapa lama waktu duduk yang aman, yang jelas adalah bahwa individu harus mengambil kesempatan untuk beristirahat dalam waktu duduk dan mengurangi waktu duduk sejauh yang mereka bisa,” kata penulis utama penelitian, Doctor Alpha Patel dari American Cancer Society.

Penulis mengajukan beberapa penjelasan mengapa banyak duduk dapat menyebabkan risiko kematian yang lebih tinggi. Waktu yang dihabiskan untuk duduk mungkin terkait dengan aktivitas tidak sehat lainnya seperti ngemil makanan cepat saji sambil menonton TV.

Tetapi hubungan antara faktor-faktor ini tidak dipahami dengan baik. Namun, penelitian tersebut mencatat bahwa waktu duduk yang lama telah terbukti memiliki pengaruh yang merugikan pada faktor kesehatan seperti tekanan darah dan kadar insulin.

Baca Juga: Bahaya Kebiasaan Duduk Terlalu Lama
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)