Komik Mahabarata Karya RA Kosasih Dirilis Ulang

Jum'at, 12 Desember 2014 - 19:33 WIB
Komik Mahabarata Karya RA Kosasih Dirilis Ulang
Komik Mahabarata Karya RA Kosasih Dirilis Ulang
A A A
JAKARTA - Menandai penutupan rangkaian acara ulang tahun ke-40, Sari Rasa Nusantara meluncurkan komik Maharabata pada Jumat (12/12/2014).

Komik Mahabarata ini terdiri atas tiga buku, yaitu Pandawa Jajaka, Pandawa Diasingkan dan Bharatayuda Pandawa Seda.

"Komik ini dicetak hanya 500 set. Setiap satu set terdiri atas tiga buku yaitu Pandawa Jajaka, Pandawa Diasingkan, dan Bharatayuda Pandawa Seda. Buku ini dicetak dengan eksklusif dan penjualan komik Mahabarata akan dimulai pada Januari 2015," ujar Operational Manager CV Sari Rasa, Elizabeth Syauta saat peluncuran komik Mahabarata di Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Pada tahun 2013, di dorong oleh keinginan untuk lebih memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia, Sari Rasa Nusantara menerbitkan The Pandawa Story, versi bahasa Inggris dari Riwayat Pandawa.

Seluruh komik ini adalah buah karya RA Kosasih, yang dijuluki bapak komik Indonesia. "R.A Kosasih dipilih karena bapak komik. Dia sudah mengembangkan komik dari religius menjadi kebudayaan yang penuh dengan makna. Mahabarata merupakan masterpiece dari R.A Kosasih," tutur Pemilik CV Sari Rasa Nusantara Arianti Darmawan.

Sebagai pengamat dan kolektor komik, Arswendo Atmowiloto menilai, tanpa R.A Kosasih Indonesia tidak akan mengetahui komik Indonesia. "R.A Kosasih dapat dengan konsisten dan continue memperkenalkan komik Indonesia. Jika tanpa R.A Kosasih, anak sekarang tidak akan mengetahui komik Indonesia. Kosasih juga dapat menyederhanakan kitab Mahabarata untuk anak-anak sehingga mudah dicerna,” papar Arswendo.

Dalam penerbitan ulang komik Mahabarata ini, Sari Rasa Nusantara bekerjasama dengan Anjaya Books. Proses penerbitan ulang komik ini dilakukan Anjaya Books dari naskah asli.

"Proses penerbitan ini dilakukan dari naskah asli komik Mahabarata lalu di-scan. Komik Mahabarata ini dibuat tahun 1955 dan sudah hampir 60 tahun," ujar pemilik Anjaya Books, Andi Wijaya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5154 seconds (0.1#10.140)